Keunikan Tamborasi, Sungai Terpendek di Dunia

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
Keunikan Tamborasi, Sungai Terpendek di Dunia
Sungai Tamborasi, destinasi wisata yang sangat eksotis dan cocok untuk berakhir pekan bersama keluarga dan pasangan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Di Tamborasi, Anda akan disuguhkan dengan deretan perbukitan di kaki Gunung Mekongga dan birunya air laut "

KOLAKA, TELISIK.ID - Sulawesi Tenggara memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik dan eksotis, salah satunya adalah Sungai Tamborasi. Sungai yang memiliki panjang sekitar 20 meter dan lebar sekitar 15 meter ini terletak di Desa Tamborasi, Kecamatan Iwoimenda, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Dengan panjang itu, World Atlas menempatkan Tamborasi sebagai sungai terpendek di dunia. Mata air sungai ini berasal dari sela-sela tebing cadas yang tegak lurus dan di sela rimbunan pohon. Dari sela-sela tebing tersebut keluar mata air tawar yang sangat besar, jernih, serta memiliki warna hijau toska.

Saking jernihnya, bebatuan di dasar sungai yang sedalam 5 meter terlihat sangat jelas. Suhu airnya pun sangat dingin dan berubah menjadi hangat saat mendekati muara.

Baca Juga: Pantai Tanjung Malaha nan Eksotis

Hanya beberapa meter dari sungai, terbentang hamparan pantai yang sangat luas. Untuk menuju destinasi wisata ini, kita harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Kolaka.

Dalam perjalanan menuju Tamborasi, kita akan melewati berbagai destinasi wisata yang ada di Kolaka, seperti pantai Kayu Angin dan pantai Tanjung Malaha.

Di Tamborasi, Anda akan disuguhkan dengan deretan perbukitan di kaki Gunung Mekongga dan birunya air laut. Pengelola juga menyewakan gazebo, serta ban untuk para pengunjung yang ingin berenang.

Di sore hari, pemandangan matahari terbenam (sunset) menjadi nilai tambah dari destinasi wisata satu ini.

Salah satu pengelola, Anti menuturkan, tempat wisata Sungai Tamborasi sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah, terutama di akhir pekan atau di hari libur.

"Tiap hari pasti ada saja yang datang, entah itu yang hanya sekedar singgah atau yang memang mau berlibur," tambahnya.

Di tempat yang sama, salah satu pengunjung, Rio menjelaskan, ia bersama keluarga sengaja berkunjung ke Tamborasi untuk berakhir pekan.

"Saya baru menikah, jadi saya ajak istri sama keluarga liburan dulu di sini," ujarnya.

Baca Juga: Kolaka Utara Miliki Puluhan Objek Wisata Menarik

Ia menambahkan, Sungai Tamborasi sangat bagus dan unik karena selain kita bisa mandi di air tawar, kita juga bisa mandi di air laut.

"Jadi kalau bosan atau sudah dingin mandi di sungai, tinggal masuk saja di air laut supaya hangat kembali," tambahnya.

Diketahui  untuk masuk ke destinasi wisata Tamborasi, setiap pengunjung hanya dikenai biaya masuk Rp 5.000 per orang dan Rp 2.000 untuk parkir kendaraan roda dua, Rp 5.000 untuk roda empat. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga