adplus-dvertising

Keunikan The Lost World Castle yang Mirip Tembok Besar China

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Selasa, 16 Juni 2020
3525 dilihat
Keunikan The Lost World Castle yang Mirip Tembok Besar China
The Lost Word Castle di Yogyakarta jadi lokasi wisata Instagramable. Foto: Affan Safani Adham/Telisik

" "Banyak orang menyebut bangunan ini mirip dengan The Great Wall atau tembok besar dari China. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Sejumlah objek wisata baru terus tumbuh di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan tempat wisata yang menawarkan spot foto unik makin banyak bermunculan.

Pandemi COVID-19  sempat membuat sejumlah destinasi wisata di berbagai daerah tutup untuk sementara waktu. Namun belakangan, sejumlah destinasi wisata di Yogyakarta telah kembali dibuka. Salah satunya adalah The Lost World Castle.

Selama ini orang mengikuti perkembangan zaman dimana berfoto menjadi sebuah keharusan tiap kali mengunjungi tempat baru. Dari yang memanfaatkan keindahan alam asli sampai yang menggabungkannya dengan latar buatan agar lebih menarik.


Yogyakarta dan sekitarnya menjadi salah satu kawasan yang tidak pernah berhenti berinovasi. Tempat-tempat wisata semacam itu terus bermunculan dan semuanya memiliki keunikan sendiri-sendiri.

Kini di kawasan lereng Gunung Merapi berdiri sebuah tempat wisata baru bernama The Lost World Castle (TLWC), yang berada di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Lokasi wisata instagramable ini, dijelaskan pengurus dan pengelola TLWC, Ahmad Saukani, berjarak 29 km dari pusat Kota Yogyakarta dan berada tepat di lereng Gunung Merapi.

"Banyak orang menyebut bangunan ini mirip dengan The Great Wall atau tembok besar dari China," terang Ahmad Saukani, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Fadli Zon Beberkan 5 Alasan RUU HIP Harus Ditarik

Bangunan The Lost World Castle memang memiliki tembok berwarna kelabu yang tinggi dengan pos-pos penjagaan setiap beberapa meternya. Mirip seperti benteng sebelum memasuki wilayah kerajaan atau kompleks istana.

Ide bentuk bangunan ini harus diakui cerdas secara komersial karena sukses menarik perhatian pengunjung.

Walaupun jauh, tapi rute menuju The Lost World Castle sangat mudah. Dari Yogyakarta, pengunjung cukup menuju Jalan Kaliurang dan terus berjalan ke arah Utara menuju Gunung Merapi atau Kaliadem. Setelah itu bisa melanjutkan perjalanan melalui Jalan Bebeng sampai ke kopi Merapi. Setelah melewati kopi Merapi, perjalanan dilanjutkan ke arah Timur. Tidak lama, bangunan berbentuk benteng ini akan terlihat dari kejauhan.

Objek wisata yang berbentuk layaknya Benteng Takeshi di Jepang ini, sangat ramai dikunjungi wisatawan. Terutama pada saat akhir pekan serta liburan sekolah. The Lost World Castle dengan cepat menjadi popular sebagai wisata hits di Yogyakarta.

Lokasi wisata Instagramable ini bisa dinikmati pengunjung setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Harga tiket masuk adalah Rp 25 ribu per orang.

Sejak dibangun tahun 2016, The Lost World Castle terus dibanjiri wisatawan. "Bahkan, objek wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Yogyakarta," kata Ahmad Saukani.

Selain dapat berfoto selfie, di tempat ini pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana seperti  bermain kuda poni, bermain dengan kelinci liar atau meniti kapal bajak laut. Selain itu, wahana-wahana disini memanfaatkan batu sisa erupsi Merapi sebagai bahan bakunya. Saat kabut turun, suasana jadi makin menarik untuk latar foto.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga