Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Islam Ditinggikan Derajat hingga Dimudahkan Jalan ke Surga

Haerani Hambali, telisik indonesia
Sabtu, 27 April 2024
0 dilihat
Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Islam Ditinggikan Derajat hingga Dimudahkan Jalan ke Surga
Menuntut ilmu, khususnya ilmu agama, memiliki banyak keutamaan di dalam Islam. Foto: Repro Islampos.com

" Ada banyak keutamaan menuntut ilmu di dalam Islam. Di antaranya, akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT dan dimudahkan jalan menuju ke surga "

KENDARI, TELISIK.ID - Menuntut ilmu merupakan perintah agama yang wajib bagi setiap Muslim. Dengan menuntut ilmu, kita memperoleh pengetahuan yang bermanfaat, meningkatkan akhlak, memperluas peluang karier, dan berkontribusi dalam masyarakat.

Selain itu, keutamaan menuntut ilmu juga merupakan persiapan untuk kehidupan akhirat. Ada banyak keutamaan menuntut ilmu di dalam Islam. Di antaranya, akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT dan dimudahkan jalan menuju ke surga.

Menuntut ilmu dimulai dari lahir hingga masuk liang lahat, sesuai sabda Rasulullah SAW: "Carilah ilmu, walaupun di antara kamu dan ilmu terpisah lautan api."

Melansir Orami.co.id, Rasulullah SAW dalam salah satu hadis pernah bersabda, artinya: "Barang siapa yang menginginkan urusan dunia, maka wajiblah baginya berilmu. Dan barang siapa yang ingin urusan akhirat (selamat di akhirat) maka wajiblah ia memiliki ilmu juga. Dan barang siapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah ia memiliki ilmu tentangnya juga,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis yang lain, Rasulullah SAW bersabda: "Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat." Menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap Muslim, baik laki-laki maupun perempuan.

Baca Juga: 7 Amalan Sunah di Bulan Syawal

Dikutip dari Sajada.id, berikut ini adalah keutamaan menuntut ilmu dalam hadis Nabi SAW.

1. Dimudahkan Jalan ke Surga

Keutamaan menuntut ilmu yang pertama adalah dimudahkan jalan ke surga, sebagaimana hadits Nabi SAW:

"Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699).

2. Ditinggikan Derajatnya

Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Dari Ibnu Abbas radhiallahu anhu: ketika menafsirkan ayat: (Allah meninggikan orang-orang yang beriman dari kamu sekalian, dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. al-mujadalah:11); dia berkata maksudnya adalah “Allah meninggikan orang-orang yang diberi ilmu atas orang-orang yang beriman beberapa derajat”. (HR. Darimi) No. 356).

3. Dicintai Rasulullah

Rasulullah SAW juga mendoakan orang yang mencari ilmu seperti hadis Nabi SAW yaitu: “Dari Zaid bin Tsabit ia berkata, “Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Semoga Allah memperindah orang yang mendengar hadis dariku lalu menghafal dan menyampaikannya kepada orang lain, berapa banyak orang menyampaikan ilmu kepada orang yang lebih berilmu, dan berapa banyak pembawa ilmu yang tidak berilmu.” (HR. Abu Daud, No. 3175).

4. Orang Paling Utama

Orang menjadi paling utama karena belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya, sebagaimana sabda Nabi SAW yaitu:

“Dari Utsman bin Affan ia berkata; Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Orang yang paling utama di antara kalian adalah seorang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari, No. 4640).

Baca Juga: Ini 7 Tempat Berdoa di dalam Salat

5. Dimintakan Ampun Makhluk di Langit dan Bumi

“Dari Abu Ad Darda ia berkata; “Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya akan memintakan ampun kepada Allah untuk seorang alim bersama dengan para makhluk yang di langit dan di bumi hingga ikan hiu di dasar laut.” (HR. Ibnu Majah No.235).

6. Bahagia Dunia dan Akhirat

Dengan ilmu juga akan membawa kebahagiaan bagi seseorang baik di dunia maupun di akhirat. Sebagaimana hadis Rasulullah SAW yaitu:“Barang siapa menginginkan kebahagiaan dunia, maka tuntutlah ilmu dan siapa yang ingin kebahagian akhirat, tuntutlah ilmu dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, tuntutlah ilmu pengetahuan.” (C)

Penulis: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga