Kick Off Teknologi Aquaponik, Upaya Kota Baubau Tingkatkan Ketahanan Pangan

Elfinasari, telisik indonesia
Senin, 18 September 2023
0 dilihat
Kick Off Teknologi Aquaponik, Upaya Kota Baubau Tingkatkan Ketahanan Pangan
Pemkot Baubau dalam kegiatan implementasi aquaponik. Foto: Elfinasari/Telisik

" Menanggapi kebutuhan inovasi di sektor pertanian perkotaan, Pemkot Baubau mengambil langkah signifikan untuk mengimplementasikan teknologi aquaponik yang berlangsung di Kantor Camat Sorawolio "

BAUBAU, TELISIK.ID - Menanggapi kebutuhan inovasi di sektor pertanian perkotaan, Pemkot Baubau mengambil langkah signifikan untuk mengimplementasikan teknologi aquaponik yang berlangsung di Kantor Camat Sorawolio, Senin (18/9/2023)

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menggarisbawahi, jika aquaponik, seperti yang dijelaskan dalam berbagai literatur, merupakan kombinasi budidaya tanaman dan hewan, khususnya ikan. Mirip dengan hidroponik, aquaponik memberikan kepraktisan, terutama untuk pekarangan rumah.

"Saat tanaman tumbuh, populasi ikan pun berkembang. Peneliti akan memberikan paparan teknis untuk kita semua. Saya yakin masyarakat Kecamatan Sorawolio akan cepat mengadaptasi, mengingat latar belakang mereka yang kental di bidang pertanian, peternakan dan perikanan," tuturnya.

Baca Juga: Baliho Prabowo Ambruk Saat Zumba Massal di Kota Baubau

Sudjiton bersama timnya, memandang teknologi aquaponik sebagai langkah konkret yang dapat menjadi contoh di seluruh Baubau. Dengan pembangunan infrastruktur yang semakin meningkat, lahan pertanian kini menjadi lebih terbatas.

Kabid Sosial Budaya Ekonomi dan Kependudukan, Michal Danduru Marewa menekankan dengan pertumbuhan pembangunan yang signifikan, memanfaatkan lahan sempit untuk pertanian perkotaan menjadi solusi.

"Inovasi seperti ini sangat terkait dengan upaya pencapaian ketahanan pangan di tingkat rumah tangga," tuturnya.

Baca Juga: Zumba Massal Partai Gerindra di Kota Baubau Diikuti Ribuan Emak-Emak dan Milenial

Dalam ranah teknologi pertanian, saat ini, selain sistem hidroponik yang memanfaatkan air sebagai media, aquaponik menjadi salah satu teknologi yang sedang naik daun. Terintegrasi dengan tanaman sayur dan ikan air tawar, tim dari Universitas Muslim Buton tengah meneliti lebih lanjut untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Kecamatan Sorawolio.

Salah seorang warga, Diana berharap, aquaponik ini dapat diimplementasikan dengan baik dan berkelanjutan di masyarakat.

"Kegiatan Ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita," tuturnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga