Kim Jong Un Dikudeta Adik Perempuannya, Benarkah?

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 27 Oktober 2021
0 dilihat
Kim Jong Un Dikudeta Adik Perempuannya, Benarkah?
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Foto: Repro STR/KCNA

" Peristiwa itu berlangsung antara 6 Mei dan 5 Juni. Laporan itu juga mengklaim sosok Kim Jong Un yang muncul dalam acara besar Korut beberapa hari ini adalah "Kim Jong Un palsu" "

KAESONG, TELISIK.ID - Badan mata-mata Korea Selatan (Korsel),  pemberitaan itu tak benar. "Seorang pejabat pemerintah secara terpisah juga mengatakan laporan itu tidak benar," tulis Yonhap dikutip Rabu (27/10/2021).

Dilansir Cnbcindonesia, Sebelumnya Kim Jong Un disebut telah dikudeta adiknya sendiri, Kim Yo Jong. Hal ini dilaporkan sebuah media Amerika Serikat (AS) Globe, Senin (25/10/2021).

Peristiwa itu berlangsung antara 6 Mei dan 5 Juni. Laporan itu juga mengklaim sosok Kim Jong Un yang muncul dalam acara besar Korut beberapa hari ini adalah "Kim Jong Un palsu".

Media itu menunjukkan penurunan berat badannya sebagai bukti. Penampilan Kim Jong Un memang terlihat berbeda karena terlihat lebih kurus.

Baca Juga: TV Korea Selatan Sorot Seleksi CPNS Berkonsep Squid Game

Baca Juga: China Kunci 4 Juta Warganya, Ada Apa?

Spekulasi kudeta muncul setelah beberapa kali Kim Jong Un absen muncul pada acara-acara tertentu. Laporan mengatakan Kim sempat tidak hadir selama 20 hari dari mata publik pada 2020 lalu.

Ini memicu spekulasi mengenai kesehatannya dan bahkan kemungkinan Kim meninggal. Namun desas-desus ini dibantah ketika Kim muncul kembali dalam upacara berakhirnya pembangunan pabrik pupuk dengan senyum lebar.

Kondisi kesehatan Kim, yang dikenal sebagai perokok berat dan kelebihan berat badan, memang sering menarik perhatian. Hilangnya Kim pun kembali menyebar belum lama ini.

Sebenarnya, berita kudeta terus diangkat media sejak tahun lalu. Sebelumnya sang paman Kim Pyong Il juga dikatakan telah mengkudetanya meski ini kemudian dibantah. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga