Kinerja Baik Selama 2 Dekade, Bank Sultra Raih Tropi Platinum di Infobank Award 2023

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 17 September 2023
0 dilihat
Kinerja Baik Selama 2 Dekade, Bank Sultra Raih Tropi Platinum di Infobank Award 2023
Bank Sultra raih tropi platinum sebagai bank dengan kinerja baik 2023 dari Infobank. Foto: Ist.

" Menjadi bank yang punya kinerja positif selama dua dekade di Indonesia tahun 2023, Bank Sultra raih penghargaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjadi bank yang punya kinerja positif selama dua dekade di Indonesia tahun 2023, Bank Sultra raih penghargaan. Tropi penghargaan tersebut diberikan oleh Infobank belum lama ini.

Pada Agustus lalu, data Infobank periode tahun 2023 merilis daftar lembaga perbankan di Indonesia dengan performa kinerja cemerlang dan pertumbuhan prospektif.

Sebanyak 32 lembaga perbankan plat merah dan swasta didapuk menerima 5 tropi dari Infobank dengan berbagai kategori prestasi. Dalam rating resmi Infobank yang diumumkan pada 25 Agustus 2023, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Sultra berhasil meraih Platinum Tropi.

Tropi bergengsi ini diterima Bank Sultra, BRI, BCA, BJB dan 7 bank lain di Indonesia. Tropi Platinum khusus disematkan Infobank pada lembaga perbankan yang menandai catatan penilaian kinerja positif selama dua dekade.

Riset penilaian Infobank terhadap Bank Sultra dilakukan berturut-turut sejak tahun 2003-2023. Biro riset Infobank menggunakan empat kriteria pendekatan pada penilaian performa kinerja lembaga perbankan layaknya kriteria yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti penilaian Rasio Keuangan, Good Corporate Governance dan Profil Risiko.

Baca Juga: Orientasi Mahasiswa Baru UT Kendari, Perkenalkan Sistem Belajar Jarak Jauh

Tropi selanjutnya yakni Golden Tropi diberikan kepada Lembaga Perbankan dengan performa kinerja 'sangat bagus' selama 5 tahun berturut-turut mulai tahun 2018-2023 diberikan kepada 9 bank.

Diamond Trofi dengan kategori kinerja 'Sangat Bagus' selama 10 tahun berturut-turut sejak 2013-2023 diberikan pada empat lembaga perbankan.

Berikutnya 3 bank meraih Sapphire Trofi dengan kategori kinerja 'Sangat Bagus' selama 15 tahun berturut-turut sejak 2008-2023. Terakhir, Infobank menyematkan Titanium Trofi pada lima lembaga perbankan dengan kategori kinerja 'Sangat Bagus' selama 25 tahun berturut-turut sejak 1998-2023.

Infobank Award, Bank Sultra Ikut Berkompetisi Bersama 105 Bank Umum

Penyerahan Platinum Tropi kepada Bank Sultra dilakukan bersamaan momentum ajang “28th Infobank Award 2023” di The Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (25 Agustus 2023). Event tahunan Infobank melibatkan kompetisi sekitar 106 bank umum di Indonesia termasuk Bank Sultra.

"Alhamdulilah, berkat kepercayaan dari seluruh stakeholders dan masyarakat, Bank Sultra bisa terus meningkatkan performanya. Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan. Insya Allah kami akan terus berkomitmen untuk bekerja baik demi meningkatkan kontribusi Bank Sultra kepada daerah dan masyarakat," kata Dirut Bank Sultra, Abdul Latif.

Pemberian penghargaan Infobank Award 2023 dirangkai dengan acara 'Infobank Banking Mastery Forum 2023' bertajuk 'Finding Your Bank’s Purpose: Penguatan dan Pengembangan Sektor Perbankan' menghadirkan narasumber Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae dan Dewan Pakar Infobank, Ignasius Jonan.

Sejumlah lembaga perbankan di Indonesia ikut berpartisipasi dalam ajang bergensi tersebut antara lain Bank Kalteng, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BJB Syariah, Bank Jatim dan 39 lembaga perbankan lainnya.

Selain lima tropi di atas, pada momen tersebut, penghargaan Infobank turut diberikan kepada 62 bank yang berhasil meraih predikat kinerja 'Sangat Bagus' berdasarkan perolehan rating terhadap 106 bank versi Infobank 2023.

"Tahun ini Biro Riset Infobank mengikutsertakan 106 bank umum untuk dirating. Namun, setelah data terkumpul, hanya didapat 97 bank yang memenuhi syarat, baik dari kelengkapan data maupun skor minimal 51%,” ungkap Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto.

Pemberian penghargaan ini, menurut Eko, merupakan bentuk apresiasi Infobank terhadap bankir-bankir perbankan nasional yang telah bekerja ekstra keras dengan dedikasi dan integritas tinggi, serta bentuk dukungan kepada industri perbankan nasional agar terus menjaga kinerja terbaiknya.

Baca Juga: Karyawan Meninggal, PT Tunggala Prima Teknik Diduga Kibuli Ahli Waris Lewat Surat Pernyataan

“Kami mengucapkan selamat dan sukses,” ujarnya.

Meski berhasil mengukir kinerja terbaiknya, Eko berpesan kepada industri perbankan untuk tetap waspada dengan ekonomi global yang masih fluktuatif, baik akibat perang Rusia versus Ukraina yang belum diketahui kapan akan berakhir, maupun ancaman krisis pangan di belahan Eropa ketika badai inflasi belum juga mereda.

Apalagi, program restrukturisasi kredit industri perbankan nasional akan berakhir pada Maret 2024.

“Industri perbankan nasional berhasil mengukir kerja terbaiknya, antara lain dengan raihan laba besar. Meski begitu, perbankan nasional harus tetap waspada dengan memperkuat kuda-kuda untuk menghadapi perkembangan ekonomi yang tidak selalu kondusif. Sebagai industri padat modal (capital intensive), penguatan permodalan selalu dibutuhkan, baik untuk menahan guncangan di saat krisis maupun kebutuhan modal untuk meningkatkan basis usaha di masa booming,” saran Eko. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga