Kiprah Kepemimpinan Lukman Abunawas, Ternyata Atlet Karate

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Minggu, 18 Juni 2023
0 dilihat
Kiprah Kepemimpinan Lukman Abunawas, Ternyata Atlet Karate
Lukman Abunawas merupakan Ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara. Foto: Febry Jahra Lestiani/Telisik

" Pengalaman sebagai kepala daerah menjadi bekal penting dalam menghadapi beragam ujian dan tantangan dalam melayani masyarakat dari berbagai latar belakang. Lukman Abunawas, merupakan salah satu sosok yang memiliki pengalaman dalam meniti tangga kekuasaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pengalaman sebagai kepala daerah menjadi bekal penting dalam menghadapi beragam ujian dan tantangan dalam melayani masyarakat dari berbagai latar belakang. Lukman Abunawas, merupakan salah satu sosok yang memiliki pengalaman dalam meniti tangga kekuasaan.

Rekam jejaknya dalam menghasilkan sejumlah kebijakan, regulasi, ataupun aturan dapat menunjukkan bagaimana gaya dan cara Lukman dalam melayani rakyat yang selama 47 tahun aktif di dunia pemerintahan.

Lukman Abunawas lahir 11 September 1958. Ia mengawali pendidikannya di SDN Kemaraya. Setelah itu melanjutkannya di SMPN 1 Kendari. Usai lulus, ia masuk di SMAN Teladan. Tak sampai di situ saja, ia melanjutkan pendidikannya di beberapa perguruan tinggi

Baca Juga: Intip Pasangan Potensial Lukman Abunawas Jika Ingin Menang Calon Gubernur Sulawesi Tenggara 2024

Beberapa perguruan tinggi tempat Lukman melanjutkan pendidikannya:

D-III STAIA-IAIN Ujung Pandang 1983.

S1 Universitas Halu Oleo Tahun 1986.

S1 Universitas Sulawesi Tenggara Tahun 1989.

S2 Universitas Hasanudin Tahun 2000.

S3 Universitas Satya Gama kerjasama IIP Tahun 2007.

S3 Universitas Hasanuddin Tahun 2014.

Lukman mengatakan, sudah berkiprah di dunia politik sejak terangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang saat ini menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), karena pada saat masa orde baru seluruh PNS diwajibkan untuk bersama Golkar.

‘’Di zaman pemerintahan Orde Baru, memang PNS dilarang mendukung partai politik, tetapi kami wajib memberikan suara ke Golkar melalui KORPR,’’ jelasnya kepada Telisik, Minggu (18/6/2023).

Ia juga menjelaskan, dirinya sudah bergerak di dunia pemerintahan sejak dirinya pertama kali menjadi PNS, sehingga menduduki jabatan sebagai pemimpin adalah hal biasa baginya yang akan terus ia perjuangkan.

Riwayat Jabatan:  

PNS Pemerintahan Kabupaten Maros (1976-1983).

PNS Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tenggara (1983-1986).

Plt Kasubag Dokumentasi BP7 (1986-1988).

Sekretaris wilayah Kecamatan Wawotobi (1988-1990).

Camat Wawotobi, Konawe (1990-1996).

Kepala bagian Pemerintahan Kabupaten Kendari (1996-1998).

Kadis Tata Ruang Kabupaten Kendari (1998-1999).

Kadis Diknas Kabupaten Kendari (1999-2003).

Bupati Kendari (2003-2008).

Bupati Konawe (2008-2013).

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (2014-2018).

Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (2018-sekarang).

Jika pada tahun 2007 sempat menjadi Ketua DPD II Partai Golkar Konawe, Tahun 2020 ia menahkodai PDIP Sulawesi Tenggara sebagai ketua DPD. Jabatan menjadi ketua membuatnya memiliki tanggung jawab besar, serta merangkul semua anggotanya untuk meraih tujuan yang ingin dicapai.

‘’Selama menjadi seorang pemimpin tentunya banyak lika-liku yang dihadapi. Kami saat ini masih fokus pada pemilihan legislatif dan pemilihan presiden setelah itu lanjut pemilihan kepala daerah (pilkada).  Insya Allah saya akan maju sebagai calon Gubernur Sulawesi Tenggara,” ucapnya.

Hingga diusianya yang menginjak 64 tahun, ia masih terlihat sehat bugar. Lukman juga merupakan atlet karate INKAI dan hingga saat ini rutin membagikan postingannya di media sosial sedang berlatih dan mengenakan baju karate dengan sabuk hitamnya.

Baca Juga: Lukman Abunawas Jadi Donatur Yayasan Asy-Syafiiyah

Lukman mengatakan, dirinya sebagai Ketua INKAI Sulawesi Tenggara, yang naik DAN 7 Karate Nasional. Pada tahun 2021 ia menjalani ujian kenaikan DAN dengan menjajal kemampuan Shihan Deny Karundeng yang merupakan Dewan Guru INKAI DAN 9 dunia

‘’Di dunia olahraga saya pernah mejadi Ketua KONI Kabupaten Konawe dan Ketua KONI Sulawesi Tenggaa,’’ jelasnya.

Selain itu, salah seorang angota PDIP Kota Kendari, La Ode Lawama menjelaskan, Lukman Abunawas dikenal sosok pemimpin yang bijaksana dan dermawan.

‘’Di sisi lain saya juga kagum dengan beliau masih terlhat kuat dan sehat bugar. Mungkin karena sering olahraga ya,’’ ujarnya. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga