Kirim Tim Dokter, 400 Warga Kepulauan di Madura Butuh Pelayanan Kesehatan

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 27 Mei 2022
0 dilihat
Kirim Tim Dokter, 400 Warga Kepulauan di Madura Butuh Pelayanan Kesehatan
Proses pelayanan kesehatan di Kepulauan Kangean, Madura. Pemprov Jawa Timur juga memgirim tim dokter ke lokasi itu. Foto: Ist

" Tim pelayanan kesehatan dikirim Pemprov Jawa Timur untuk memberikan pelayanan kesehatan (Yankes) bagi masyarakat Kepulauan Kangean "

SURABAYA, TELISIK.ID - Tim pelayanan kesehatan dikirim Pemprov Jawa Timur untuk memberikan pelayanan kesehatan (Yankes) bagi masyarakat Kepulauan Kangean, Madura.

Tim tersebut dikirim Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi 400 masyarakat di wilayah kepulauan Kangean Madura.

Tim Yankes Bergerak yang terjun kali ini berjumlah 49 orang. Terdiri dari 2 dokter spesialis bedah, 1 dokter spesialis obgyn, 4 dokter spesialis anastesi, 2 dokter spesialis mata, 1 dokter spesialis THT, 1 dokter umum, 12 perawat, 2 bidan, 2 apoteker, 1 teknisi elektromedik, 1 CSSD, dan 20 Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) lainnya.

Baca Juga: Warga Maluku Barat Daya Rasakan Guncangan Kuat Gempa Bermagnetudo 6.5

Tim tersebut gabungan dari beberapa rumah sakit, akademisi, dan organisasi profesi. Antara lain RSUD Dr Soetomo, RSUD Haji, RSUD M Noer Pamekasan, RS Mata Masyarakat Jawa Timur, Fakultas Vokasi Batra UNAIR, dan Ketua Organisasi Profesi Tenaga Kesehatan Tradisional (PPTI) yang  dikoordinir oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Gubernur Khofifah mengatakan seluruh tim medis yang berangkat dan memberikan layanan kesehatan semaksimal mungkin bagi mereka, terutama masyarakat kepulauan.

"Dedikasi melalui pelayanan kesehatan masyarakat harus tetap dijaga. Saya ucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan oleh semua  tim medis," ujar Khofifah di gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (27/5/2022).

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah juga berharap pelayanan kesehatan bagi masyarakat kepulauan tetap menjadi bagian dari prioritas layanan tanpa terkecuali.

Baca Juga: 120 CPNS Konawe Selatan Resmi Terima SK

"Meski memang jaraknya cukup jauh dari pusat kota, saya yakin pelayanan yang diberikan tetap sama tanpa mengecualikan," tutur mantan Mensos ini.

Untuk diketahui, pelayanan kesehatan yang telah diberikan oleh Tim Yankes Bergerak antara lain skrining awal dan layanan kesehatan dasar kepada seluruh pasien.

Kemudian dilanjutkan dengan layanan bedah 63 pasien, layanan mata 112 pasien, layanan THT 28 pasien, layanan di poli nyeri 30 pasien, layanan di poli obgyn 68 pasien, dan layanan akupuntur 65 pasien. (C)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Baca Juga