Kisah Lina Medina, Bocah 5 Tahun yang Dinobatkan Sebagai Ibu Termuda di Dunia

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 23 Oktober 2022
0 dilihat
Kisah Lina Medina, Bocah 5 Tahun yang Dinobatkan Sebagai Ibu Termuda di Dunia
Terdengar tidak masuk akal, namun situs pengecekan fakta bernama Snopes telah melakukan penelusuran dan menyatakan bahwa kisah Lina Medina adalah nyata. Foto: Repro Grid.id

" Pada umumnya anak di umur 5 tahun tentu masih berada di masa bermain dengan teman-temannya. Namun, bagaimana jadinya jika di usia tersebut anak itu malah telah memiliki seorang anak? "

PERU, TELISIK.ID - Pada umumnya anak di umur 5 tahun tentu masih berada di masa bermain dengan teman-temannya. Namun, bagaimana jadinya jika di usia tersebut anak itu malah telah memiliki seorang anak?

Tersengar tak masuk akal, namun hal itu benar-benar ada di kehidupan nyata lho.

Mengutip dari Detik.com, Ia adalah Lina Medina, seorang anak perempuan dari desa Anes Ticrapo, Peru yang membuat sejarah medis ketika dia melahirkan seorang anak laki-laki pada Mei 1939 di usianya yang masih berusia lima tahun.

Dilaporkan Reuters, menurut penulis buku 'Mother Aged 5', Jose Sandoval, Lina mendapatkan menstruasi di usia 2,5 tahun. Namun dr Edmundo Escomel dalam jurnal La Presse Médicale, menuturkan Lina mendapat menstruasi pertama di usia 8 bulan.

Baca Juga: Stephen William Hawking, Ilmuwan Fisika yang Tetap Berkarya Meski Lumpuh

Kemudian Lina mengandung di usia 4 tahun 8 bulan. Dalam foto-foto yang memperlihatkan kehamilan Lina, tampak payudara gadis kecil itu juga sudah berkembang.

Di usia 5 tahun 7 bulan dan 21 hari, Lina melahirkan anak laki-lakinya. Menurut dokter yang menanganinya, Lina memang telah memiliki organ seksual yang benar-benar matang.

Meski demikian, anak Lina harus dilahirkan melalui prosedur caesar lantaran panggulnya yang masih terlalu sempit.

Mulanya ibu Lina mengira perut anaknya yang membesar adalah tumor. Namun dokter memastikan bahwa Lina sedang hamil. Ayah Lina sempat ditangkap karena diduga menghamili anaknya sendiri, akan tetapi kemudian dibebaskan karena tidak cukup bukti.

Lalu siapa ayah dari bayi laki-laki yang dilahirkan Lina? Masih misteri. Karena Lina pun tidak pernah mengungkapnya.

Dikutip dari Kumparan.com, saat lahir anak Lina memiliki berat 2.7 kg. Lina memberi nama anaknya Gerardo seperti nama dokternya.

Gerardo yang terus tumbuh menjadi balita, mengira bahwa Lina adalah kakaknya. Namun seiring waktu, di usia 10 tahun ia baru mengetahui Lina adalah ibunya.

Meski demikian, tidak ada bukti otentik dan sahih bagaimana Lina bisa hamil. Lina sendiri tidak memberi tahu siapa ayah Gerardo.

Baca Juga: Terungkap Sosok Irjen Teddy Minahasa, Buat Jokowi Tak Nyaman

Bahkan ayah Lina sendiri sempat ditahan kepolisian dengan tuduhan pemerkosaan terhadap Lina. Tetapi dibebaskan karena tidak ada bukti kuat si ayah yang memperkosa Lina.

Lina kemudian yang tumbuh dewasa kemudian menikah dengan Raúl Jurado, yang merupakan ayah dari anak kedua mereka yang lahir pada tahun 1972.

Meski demikian Lina juga terus menolak berbicara dengan media terkait bagaimana dia bisa hamil dan siapa yang menghamilinya. Semua itu masih misteri hingga hari ini.

Kisah Lina si ibu termuda ini kemudian memantik perhatian publik ketika diposting kembali oleh akun @univfact di Instagram. Banyak warganet yang juga heran dan bertanya-tanya siapa yang menghamili Lina. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

Baca Juga