Kisah Mualaf Asal Konsel Jalankan Puasa Ramadan Pertama Kali

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Jumat, 07 Mei 2021
0 dilihat
Kisah Mualaf Asal Konsel Jalankan Puasa Ramadan Pertama Kali
Ilustrasi seorang muslim sedang berdzikir. Foto: Repro google.com

" Awalnya merasa kesulitan. Tapi, dengan adanya saudara-saudara muslim yang selalu memberikan pemahaman terkait makna puasa, akhirnya saya merasa terbiasa di hari-hari berikutnya "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pria yang bernama Djunaedi, memantapkan diri memeluk Islam sebelum ramadan 2021 tiba. Ia pun menjalankan ibadah puasa untuk pertama kalinya di tahun ini.

Pria asal Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) ini, mengaku merasa bersyukur bisa menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini.

Meski demikian, ia juga merasa kesulitan menjalani puasa di awal Ramadan, namun seiring berjalan waktu ia mulai terbiasa di hari berikutnya.

"Awalnya merasa kesulitan. Tapi, dengan adanya saudara-saudara muslim yang selalu memberikan pemahaman terkait makna puasa, akhirnya saya merasa terbiasa di hari-hari berikutnya," katanya, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga: Demi Lebaran di Kampung, Pria Ini Nekat Mudik Pakai Ketinting

Pria berusia 40 tahun ini, terlahir di keluarga non Muslim, dan akhirnya memantapkan diri untuk menerapkan agama Islam setelah sering mendengar ceramah keislaman di media sosial YouTube.

Atas dasar itu, ia terus mencari informasi tentang Islam melalui ceramah-ceramah di YouTube serta mencari kebenaran dalam Al-Quran. Maka pada akhirnya, tepat di tahun 2021, ia pun memantapkan diri untuk mengucap dua kalimat syahadat sebagai persaksian keesaan Allah Swt dan kenabian Muhammad Saw.

Djunaedi menceritakan, banyak kesan dan pelajaran dalam menjalankan ibadah puasa untuk pertama kalinya. Hal itu membuatnya selalu bersyukur berkesempatan mengenal dan masuk dalam Islam.

Baca Juga: Benarkah 89 Orang TKA China ke Sultra Pasca Transit di Morowali?

"Hal yang membuat terkesan dalam menjalankan ibadah puasa, bagaimana harus menahan hawa nafsu, seperti rasa lapar, haus, menjaga lisan, mata. dan telinga agar terhindar dari hal-hal yang bisa merusak makna dari puasa itu sendiri," cerita Djunaedi.

Ia berharap, agar puasa pada Ramadan tahun ini bisa ia jalankan sampai selesai, serta bisa menjalankan hari raya Idul Fitri untuk pertama kalinya.

"Semoga selalu diberi kesempatan menjalankan puasa Ramadan tahun ini, dan untuk tahun-tahun berikutnya," tutupnya. (A)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga