Kisah Pedagang Kaset DVD Berusaha Bertahan di Tengah Era Digital

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Kamis, 05 November 2020
0 dilihat
Kisah Pedagang Kaset DVD Berusaha Bertahan di Tengah Era Digital
Pedagang Kaset CD/DVD. Foto: Ahmad Sadar/Telisik

" Iya berpengaruh sekali. Apa lagi sekarang sudah ada YouTube tinggal nonton saja disitu. yang beli juga cuma satu dua orang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Di tengah perkembangan digitalisasi saat ini, Sabri masih tetap bertahan berdagang kaset CD/DVD di Pasar Anduonuhu Kota Kendari.

Meski peminat kaset DVD makin minim, tak menurunkan semangat pria 23 tahun ini untuk tetap menjajakan dagangannya yang makin tergerus zaman.

Saat ini, semua orang dapat dengan mudah mengunduh lagu atau film favorit di ponsel pintarnya. Tentu saja hal itu membuat sang pedagang kaset semakin terpuruk, hingga berpengaruh terhadap penjualannya.

"Iya berpengaruh sekali. Apa lagi sekarang sudah ada YouTube tinggal nonton saja disitu. yang beli juga cuma satu dua orang," ungkap Sabri.

Warga asli Kendari ini mengungkapkan, toko kaset CD/DVD ini sudah lima tahun berdiri. Pembelinya pun dari berbagai macam kalangan.

Baca juga: Ini Jadwal KM Dorolonda di Bulan November 2020

Meski peminatnya sedikit, namun tetap ada saja satu dua orang yang datang mencari kaset CD/DVD di tokonya.

"Biasa yang dicari itu kaset lagu lokal, terus film juga banyak dicari. Pembelinya dari muda, tua, sampai anak kecil, tapi itu pun jarang-jarang," ungkap Sabri.

Dalam sehari, terkadang tak ada pembeli sama sekali. Dengan harga per kasetnya mulai Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu, bisa dibayangkan berapa penghasilan Sabri kalau kasetnya hanya laku satu atau dua keping.

Sabri mengakui, ia adalah satu-satunya pedagang kaset yang masih bertahan. Banyak pedagang kaset CD/DVD yang gulung tikar akibat kurangnya pembeli. (B)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga