Kisah Unik Mualaf Jusuf Hamka Gegara Toa hingga Beda Agama

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 15 Desember 2023
0 dilihat
Kisah Unik Mualaf Jusuf Hamka Gegara Toa hingga Beda Agama
Jusuf Hamka, salah satu konglomerat di Indonesia yang mualaf di usia 24 tahun. Foto: Okezone.com

" Jusuf Hamka dikenal sebagai salah satu konglongmerat Indonesia. Ia memutuskan menjadi seorang mualaf di saat usianya akan menginjak 24 tahun "

KENDARI, TELISIK.ID - Jusuf Hamka dikenal sebagai salah satu konglongmerat Indonesia. Ia memutuskan menjadi seorang mualaf di saat usianya akan menginjak 24 tahun.

Jusuf Hamka kala itu membaca majalah yang mengangkat kisah seorang mualaf di masjid Al Azhar. Setelah membaca majalah, ia kemudian pergi ke masjid. Kemudian bertemu dengan Sekretaris Masjid Al-Azhar, Ustadz Zaelani. Ustadz Zaelani membawanya untuk bertemu dengan Buya Hamka.

Saat bertemu dengan Buya Hamka, Jusuf sempat meminta waktu satu hari untuk belajar mengenai agama Islam sebelum mengucapkan kalimat syahadat. Namun, saat itu Buya Hamka memberikan penjelasan yang berisikan nasihat untuk tidak menunda hal tersebut.

Baca Juga: Bikers Cantik Rosie Gabrielle, Putuskan Mualaf karena Ini

"Saya bilang besok saya belajar dulu, Buya Hamka bilang 'kalau kamu pulang belum muslim tapi kamu niat masuk Islam, kamu kenapa-kenapa, kecelakaan, meninggal sebagai non muslim, dosanya di Buya'. Oke deh saya masuk Islam, saya baca dua kalimat syahadat," tutur Jusuf Hamka menirukan perkataan Buya Yahya saat itu dikutip dari Viva.co.id.

Jusuf Hamka mengikrarkan dua kalimat syahadat saat dipimpin langsung oleh tokoh kenamaan, Buya Hamka pada 1981 di Masjid Al-Azhar, Kebayoran Jakarta Selatan.

Tiga bulan setelah menjadi seorang mualaf, Jusuf Hamka kemudian diminta untuk datang menghadiri syukuran yang dibuat Buya Hamka di kediamannya. Kala itu, suasana di rumah Buya Hamka telah diisi oleh 300-400 orang. Siapa sangka di momen itu, Jusuf Hamka diangkat oleh Buya Hamka sebagai anak angkatnya.

Tetapi, saat menikah, Jusuf Hamka rupanya berbeda agama dengan sang istri Lena Burhanudin. Saat memiliki anak pun, Jusuf Hamka rela harus berbeda keyakinan lagi dengan keluarganya.

Baca Juga: Kisah Mualaf Wanita Yahudi: Dulu Saya Menganggap Israel Identitas Kebangsaan

Jusuf Hamka menegaskan kalau dirinya tidak pernah memaksa atau mengajak istri dan anak-anaknya agar memeluk agama yang sama dengan dirinya. Ia bahkan cenderung membebaskan keluarganya dalam urusan memilih agama.

"Jadi lucu, waktu istri saya belum muslim, bulan puasa, dia yang masakin saya, dia yang bangunin saya untuk sahur," cerita Jusuf Hamka dikutip dari Suara.com.

Seiring berjalannya waktu, satu per satu keluarganya memilih menjadi mualaf. Termasuk sang istri Lena Burhanudin yang mendapat hidayah untuk memeluk Islam. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga