KM Ladang Pertiwi Tenggelam di Selat Makassar, 17 Penumpang Ditemukan

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Sabtu, 28 Mei 2022
0 dilihat
KM Ladang Pertiwi Tenggelam di Selat Makassar, 17 Penumpang Ditemukan
Proses evakuasi warga yang berhasil diselamatkan dalam musibah kapal yang terbalik di tengah laut. Foto: Dok Basarnas

" Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi dengan rute Paotere, Makassar-Pulau Kalmas, Kepulauan Pangkep, dilaporkan tenggelam di 108 NM Selat Makassar "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi dengan rute Paotere, Makassar-Pulau Kalmas, Kepulauan Pangkep, dilaporkan tenggelam di 108 NM Selat Makassar pada Kamis dini hari (26/5/2022).

Kapal tersebut mengangkut 43 penumpang, namun pasca kejadian baru 17 penumpang yang dikonfirmasi selamat. 17 penumpang tersebut diselamatkan oleh KM lain yang kebetulan melintas saat kejadian. 

Berdasarkan rekaman suara percakapan lewat telepon seluler yang diterima, diduga salah satu korban selamat menyampaikan jika mereka dibawa oleh kapal nelayan lain menuju Banjarmasin, Kalimat Selatan. 

"Saya yang diselamatkan bersama Faidah, dan Tullah, ada satu orang dari Masalima. Tullah anaknya haji Daha," kata penumpang selamat yang mengaku bernama Mama Safira dalam rekaman. 

Baca Juga: Resmikan Manasik Haji, Bupati Kolaka Utara Tekankan Pentingnya Nilai Kemabruran

Mama Safira juga mengaku, 10 orang lainnya diangkut kapal motor berbeda, namun hingga kini kapten kapal belum bisa dihubungi. 

"Iya 10 orang, tidak tahu siapa saja," katanya. 

Baca Juga: Distribusi Mulai Lancar di Pasaran, Harga Minyak Goreng Curah di Jatim Mulai Turun

Sementara itu, Kepala Basarnas Sulawesi Selatam, Djunaidi melaporkan, informasi yang diterima mereka, diselamatkan beberapa kapal yang berpapasan dengan KM Ladang Pertiwi. Kapal tersebut TB Sabang 25 rute Banjarmasin, TB Maz, dan TB Cipta 2002. (B)

Penulis: Rezki Mas'ud

Editor: Kardin

Baca Juga