KM Putra Samudera 01 Nyaris Karam Akibat Cuaca Buruk

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Rabu, 08 Desember 2021
0 dilihat
KM Putra Samudera 01 Nyaris Karam Akibat Cuaca Buruk
Suasana saat proses penyelamatan penumpang KM Putra Samudera 01 yang nyaris karam akibat cuaca buruk. Foto: Screenshot video

" Kapal Motor (KM) Putra Samudera 01, nyaris karam akibat cuaca buruk di sekitar perairan Tanjung Toronipa, Kabupaten Konawe, sekitar pukul 16.10 Wita "

KENDARI, TELISIK.ID - Kapal Motor (KM) Putra Samudera 01, nyaris karam akibat cuaca buruk di sekitar perairan Tanjung Toronipa, Kabupaten Konawe, sekitar pukul 16.10 Wita, Selasa (7/12/2021).

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli (KBPP), kantor Otoritas Pelabuhan Kelas ll Kendari, Heri Wiyanto sebagai ketua tim evakuasi mengatakan, pada pukul 16.20, Comm Center Kantor Pencarian Pertolongan (KPP) Kendari, menerima laporkan bahwa pada pukul 16.10 telah terjadi kecelakaan pelayaran.

Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 16.30, Tim Rescue KPP Kendari diberangkatkan menuju Lokasi Kejadian Kecelakaan (LKK) dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) untuk memberikan bantuan Search and Rescue (SAR).

Jarak LKK dengan dermaga utama Basarnas Kendari sekitar 10 nautical mile (NM).

Baca Juga: Cuaca Buruk, Penyebrangan Kolaka - Bajoe Ditutup

Setelah dilakukan pencarian, pada pukul 17.20, Tim Rescue menemukan KM Putra Samudera 01 dalam posisi miring. Air yang masuk ke dalam kapal sekitar 1,5 NM arah barat daya dari perkiraan LKK.

Selanjutnya enam orang dievakuasi dengan menggunakan speedboat milik masyarakat menuju pantai Toronipa dan tiga orang dievakuasi dengan menggunakan RIB menuju dermaga utama Basarnas Kendari.

"Total keseluruhan orang di kapal adalah sembilan orang, semuanya dalam keadaan selamat dan telah diserahkan pada pihak keluarga," ungkapnya.

Baca Juga: Angin Kencang, Rumah Warga di Kolut Hancur Tertimpa Pohon Kelapa

Adapun data korban yaitu:

1. Kubais, pria 47 tahun, nakhoda

2. Sangkala, pria 59 tahun, ABK

3. Jarwah, pria 49 tahun, ABK

4. Fina, perempuan, 23 tahun, penumpang

5. Naeda, perempuan 55 tahun, penumpang

6. Saifuddin, pria 33 tahun, penumpang

7. Arifin, pria 47 tahun, penumpang

8. Wa Saima, perempuan 45 tahun, penumpang

9. Anggi, perempuan 21 tahun, penumpang. (C)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga