KM Tilongkabila Berhenti Beroperasi Sementara

Musdar, telisik indonesia
Senin, 01 Februari 2021
0 dilihat
KM Tilongkabila Berhenti Beroperasi Sementara
KM Tilongkabila. Foto: Repro 7saudara.com

" Kemarin (31/1/2021) naik dock, untuk selanjutnya menunggu informasi dari pusat. "

KENDARI, TELISIK.ID - KM Tilongkabila untuk beberapa pekan di Februari 2021 berhenti beroperasi.

Plt. Kepala Pelni Cabang Kendari, Busron mengatakan, penghentian operasi kapal milik PT Pelni itu dikarenakan sedang dilaksanakannya perawatan atau peremajaan (docking) tahunan.

Docking dilaksanakan untuk pemeriksaan dan perawatan kelaiklautan meliputi keselamatan, kehandalan mesin, kelistrikan, AC dan perbaikan layanan terkait toilet setiap tahun.

Sebelum dioperasikan, kapal sudah melakukan sea trial dan dinyatakan laik oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai lembaga independen untuk keselamatan kapal.

Busron belum menyebut secara pasti kapan KM Tilongkabila mulai beroperasi. Hanya saja ia mengatakan sesuai rencana pertengahan Februari 2021, pengedokan telah selesai.

Baca juga: Pemkot Kendari Larang Jual Beli Tisu di Lampu Merah

"Kemarin (31/1/2021) naik dock, untuk selanjutnya menunggu informasi dari pusat," katanya.

Untuk diketahui, docking kapal adalah proses pemindahaan kapal dari air/laut ke atas dock dengan bantuan fasilitas pendukung dock atau pengedokan. Sebelum melakukan proses pengedokan kapal, perlu dilakukan persiapan secara matang dan dilakukan secara berhati-hati.

KM Tilongkabila memiliki rute atau lintasan cukup panjang yakni melewati 11 kota di 8 provinsi.

Rute Kapal pelni KM Tilongkabila yaitu Benoa–Lombok–Bima–Labuan Bajo–Makasar–Baubau–Raha–Kendari – Kolonedale–Luwuk–Gorontalo–Bitung (PP). (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga