KMN Cahaya Sinar Tenggelam di Perairan Wawonii, 8 Orang Hilang Ditemukan

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 29 Februari 2024
0 dilihat
KMN Cahaya Sinar Tenggelam di Perairan Wawonii, 8 Orang Hilang Ditemukan
Kondisi korban selamat, saat dievakuasi di rumah warga. Foto: Ist.

" 8 penumpang Kapal Motor Nelayan (KMN) Cahaya Sinar yang dinyatakan hilang, akhirnya ditemukan "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Kapal Motor Nelayan (KMN) Cahaya Sinar yang tenggelam di perairan Wawonii, Konawe Kepulauan, pada Selasa (27/2/2024) pagi, yang berangkat dari Kendari dengan tujuan mencari ikan, membawa sebanyak 11 orang di dalamnya. Delapan orang yang dikabarkan hilang, kini telah ditemukan.

Berdasarkan keterangan Muhamad Arafah, Kepala KKP Kendari, Rabu (28/2/2024), delapan korban yang sebelumnya hilang telah ditemukan selamat. Pada pukul 08.30 Wita, nelayan Desa Monse berhasil mengevakuasi mereka menggunakan longboat menuju Desa Monse, Wawonii Timur.

Setelah memastikan kondisi korban, Tim Rescue KKP Kendari kembali ke pangkalan dengan menggunakan KN SAR Pacitan pada pukul 17.30 Wita dan tiba di Dermaga Basarnas Kendari pada pukul 20.30 Wita. Ops SAR terhadap KMN Cahaya Sinar dinyatakan selesai dan ditutup setelah keseluruhan 11 orang ditemukan dalam keadaan selamat.

Data para korban yang selamat adalah sebagai berikut:

Baca Juga: KMN Cahaya Sinar Tenggelam di Perairan Wawonii, 8 Orang Hilang

Subhan/Laki-laki/52 tahun/Kapten

Suherman/Laki-laki/45 tahun

Suriadin/Laki-laki/27 tahun

Suryanto/Laki-laki/30 tahun

Rian/Laki-laki/24 tahun

Aco/Laki-laki/29 tahun

Arjun/Laki-laki/34 tahun

Rival/Laki-laki/33 tahun

Baca Juga: Kapal Tenggelam di Perairan Tanjung Toronipa 2 Selamat, 1 Hilang

Sebelumnya, diberitakan Telisik.id, kapal tersebut tenggelam sekitar pukul 02.27 Wita setelah dilaporkan oleh salah seorang ABK-nya, Sudirman. Tim Rescue KKP Kendari segera bergerak menuju lokasi kejadian dengan menggunakan KN SAR Pacitan, dengan jarak tempuh sekitar 70 NM.

KMN Cahaya Sinar berangkat dari Kendari pada tanggal 26 Februari 2024, dengan tujuan mencari ikan di perairan sekitar Pulau Wawonii. Namun keesokan harinya, kapal tersebut dihantam gelombang yang mengakibatkan air masuk ke dalam kapal. Salah satu ABK kemudian menggunakan perahu kecil untuk mencari daratan dan meminta bantuan. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga