Koalisi Rakyat Bajo, Hadang Anak Jokowi di Pilkada Solo

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Kamis, 20 Agustus 2020
0 dilihat
Koalisi Rakyat Bajo, Hadang Anak Jokowi di Pilkada Solo
Pasangan Bagyo Wahyono dan FX Supardjo dari jalur independen pada Pilkada Solo 2020. Foto: Repro Tribunjateng

" Yang namanya kontestasi kan siapa pun harus kami hadapi, termasuk Mas Gibran. Lagi pula yang memilih nanti kan warga masyarakat Solo. Kami bersatu dengan warga, Bajo didukung warga, pasti berhasil. Kami galang koalisi rakyat Solo. "

SOLO, TELISIK.ID - Sebuah koalisi rakyat akan menggagalkan anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menjadi Wali Kota Solo di Pilkada 2020.

Koalisi rakyat ini dibentuk pasangan calon dari jalur independen di Pilkada Solo 2020: Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo).

Besarnya dukungan politik untuk pasangan cawali-cawawali Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa, tidak membuat Bajo merasa gentar.

Mereka mengklaim siap menggalang koalisi rakyat Solo untuk menumbangkan koalisi gemuk PDIP.

Pernyataan itu disampaikan Supardjo saat ditemui Solopos.com di Pajang, Laweyan, kediamannya di sela bakti sosial (baksos) pengobatan gratis, Rabu (19/8/2020).

"Yang namanya kontestasi kan siapa pun harus kami hadapi, termasuk Mas Gibran. Lagi pula yang memilih nanti kan warga masyarakat Solo. Kami bersatu dengan warga, Bajo didukung warga, pasti berhasil. Kami galang koalisi rakyat Solo," ujarnya.

Supardjo yang merupakan Ketua RW 007 Karangturi, Pajang, mengatakan, salah satu cara Bajo menggalang dukungan atau koalisi rakyat Solo guna menumbangkan Gibran-Teguh di Pilkada Solo nanti.

Dengan kontribusi nyata untuk masyarakat, seperti baksos pengobatan kesehatan secara gratis, Bajo berkoalisi dengan rakyat.

Bagyo Wahyono dan FX Supardjo tampaknya serius mencalonkan diri untuk menantang Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa di Pilkada Solo 2020.

Baca juga: Rajab Jinik Ikut Berebut Kursi Ketua Golkar Kendari

Pasangan bakal calon independen yang biasa dikenal dengan sebutan Bajo itu masih bergerilya untuk mengumpulkan 20.000 e-KTP tambahan agar lolos verifikasi faktual di KPU Solo, Jawa Tengah.

Bagyo Wahyono diketahui bekerja sebagai penjahit baju. Sedangkan FX Supardjo saat ini menjabat sebagai ketua RW di sebuah kampung. Pasangan Bagyo Wahyono dan FX Supardjo maju Pilkada Solo 2020 diusung Yayasan Tikus Pithi.

Meski keduanya merupakan sosok sederhana dan tidak punya banyak uang, tapi bukan berarti tak layak untuk maju dalam Pilkada Solo.

Dengan sudah terpenuhinya jumlah minimal dukungan Bajo untuk maju dari jalur perseorangan, dia mengaku semakin percaya diri. Sedari awal, Bajo berproses di jalur perseorangan dan siap menghadapi siapapun lawannya.

"Ketika dinamika politik membuat kami melawan anak Presiden, ini sesuatu yang luar biasa. Ketika kubu sebelah menargetkan 95 persen, kami kaget. Sebab penggalangan pendukungan door to door kami sudah mencapai 70.000 orang," kata Bagyo, Kamis (20/8/2020).

Modal dasar suara sebanyak itu akan dikembangkan dengan metode sekasur, sedapur dan sesumur, yang selama ini menjadi gerakan Tikus Pithi Hanata Baris yang didukung anggota di seluruh Indonesia.

Mereka akan mengajak para saudara, kerabat, dan teman untuk mencoblos Bajo di Pilkada Solo, 9 Desember 2020.

Saat ini sudah ada enam organisasi kemasyarakatan yang siap mendukung pemenangan pasangan Bagyo Wahyono dan FX Supardjo.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga