Kolaborasi Sushi dan Singkong, DWP Bandara Halu Oleo Menang Lomba Pangan Non Beras

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 18 September 2023
0 dilihat
Kolaborasi Sushi dan Singkong, DWP Bandara Halu Oleo Menang Lomba Pangan Non Beras
Tim juri mencoba satu persatu menu yang disajikan peserta dengan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman non beras. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023, Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara menggelar lomba masak pangan non beras "

KENDARI, TELISIK.ID - Memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023, Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara menggelar lomba masak pangan non beras.

Lomba ini diikuti oleh Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara beserta Mitra yang terdiri dari DWP Bandara Halu Oleo, DWP PT ASDP Ferry (Persero) Bau-bau, DWP Dinas Perhubungan Kota Kendari, DWP Perum Damri Kendari, DWP Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara dan DWP KSOP.

Dari ke enam kelompok yang mengikuti lomba tersebut, menghadirkan beragam menu yang unik dan menarik seperti menu yang disajikan oleh DWP Bandara Halu Oleo terdiri dari menu pagi, siang dan malam.

Baca Juga: Polisi Hajar Demonstran saat Tuntut Dugaan Malpraktik di RS Hermina Kendari

Menu yang disajikan terbilang unik, bagaimana tidak, mereka menyajikan menu khas Jepang sushi yang di kolaborasi dengan singkong sebagai pangan non beras menu unik ini sendiri sebagai alternatif yang bisa disajikan ketika harga beras merangkak naik.

Menu unik yang disajikan oleh DWP Bandara Halu Oleo, meraih juara pertama sebagai pangan non beras yang dipamerkan di Kantor Perhubungan Sulawesi Tenggara. Foto: Nur Khumairah/Telisik

 

Bentuknya menyerupai sushi namun bahan utamanya adalah singkong dipadukan dengan daun ubi menambah keunikan dan rasa yang dimiliki, sedangkan untuk isiannya berupa daging ikan yang telah disuwir menggunakan bumbu rempah-rempah.

Ketua Dharma Wanita Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara, Mastuti berharap peran Dharma wanita dalam berkreasi untuk menciptakan dan mengembangkan pangan non beras dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kegiatan ini juga menjadi inisiatif ibu-ibu sebagai menu beragam bergizi seimbang dan aman non beras," katanya di sela-sela sambutan, Senin (18/9/2023).

Ketua Dharma Wanita DWP Bandara Halu Oleo, Jane apituley menuturkan, pihaknya baru pertama kali mengikuti kegiatan ini.

Ia sendiri menyebut, jika lomba yang diadakan memiliki tema yang unik, yaitu peserta lomba wajib menyediakan pangan non beras.

"Ini sih, kita memanfaatkan hasil dari pekarangan rumah. Jadi yang kami belanja itu hanya beberapa bahan saja seperti wortel dan kentang kami belanja di pasar," bebernya saat diwawancarai oleh Telisik.id.

Baca Juga: Pekan Kedua September 2023, Tak Diduga Film ini Kuasai Bioskop di Kendari

Iya menyebut, jika lomba ini juga cukup unik karena ibu rumah tangga sekaligus Dharma Wanita bisa memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk membuat makanan non beras.

Sementara itu, anggota DWP Bandara Halu Oleo, Achyar Pananggala menuturkan, menu yang buat berasal dari ide yang dicetuskan bersama oleh anggota dan ketua DWP mengenai menu unik yang mereka tampilkan memang telah dipikirkan dengan baik.

Lomba yang digelar oleh Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara ini dimenangi oleh DWP Bandara Halu Oleo, disusul peringkat kedua oleh tuan rumah (Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara). (A-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga