Kolaka Diguncang Gempa 4.1 Magnitude

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 04 Oktober 2023
0 dilihat
Kolaka Diguncang Gempa 4.1 Magnitude
Kondisi terkini di Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka pasca gempa. RegFoto: Ist.

" Gempa bumi berkekuatan M 4.1 mengguncang wilayah Baula, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada hari Rabu (4/10/2023), pukul 10:18:47 Wita "

KOLAKA TELISIK.ID – Gempa bumi berkekuatan M 4.1 mengguncang wilayah Baula, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada hari Rabu (4/10/2023), pukul 10:18:47 Wita.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa episenter gempa bumi terletak di darat, hanya sekitar 4.3 km dari Tenggara Baula, Kabupaten Kolaka. Meskipun gempa ini tergolong dangkal dengan kedalaman 5 km, getarannya cukup terasa, mengguncang daerah sekitarnya hingga mencapai tingkat Kolaka III MMI.

Melalui keterangan tertulis, Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, gempa ini diklasifikasikan sebagai gempa tektonik yang terjadi akibat aktivitas Sesar Kolaka di Tenggara Baula, Kabupaten Kolaka. Meski berpotensi menimbulkan kekhawatiran, BMKG menegaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Diimbau untuk tetap tenang. Namun, BMKG memberikan rekomendasi penting kepada masyarakat agar waspada. Kepada publik, BMKG menyarankan agar memastikan keamanan bangunan tempat tinggal mereka.

Baca Juga: Gempa Tektonik 3.1 SR Guncang Kolaka Utara

Langkah-langkah pencegahan termasuk memeriksa keretakan atau kerusakan yang mungkin disebabkan oleh guncangan gempa, memastikan bangunan cukup tahan gempa, dan menghindari bangunan yang mungkin tidak stabil.

Hingga pukul 10.55 Wita, BMKG terus memantau situasi. Berdasarkan pemantauan mereka, belum ada aktivitas gempa susulan yang tercatat. Pihak berwenang dan petugas darurat di daerah terdampak telah dikerahkan untuk memastikan keamanan masyarakat.

Baca Juga: Gempa Bumi M 4,6 Guncang Buton Selatan, Berpusat di Laut

Meskipun belum ada laporan resmi tentang kerusakan, langkah-langkah pengamanan tetap ditingkatkan untuk mengantisipasi potensi risiko lebih lanjut.

Aldi Aljailani Sayi, salah seorang warga Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, membenarkan adanya gempa saat dihubungi melalui WhatsApp.

Ia memastikan bahwa situasi saat ini aman, dan belum dipastikan berapa masyarakat yang terdampak. (B)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga