Kolaka Timur Target Jadi Sentral Buah Di Sulawesi Tenggara

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 01 April 2023
0 dilihat
Kolaka Timur Target Jadi Sentral Buah Di Sulawesi Tenggara
Tanaman buah durian musang king akan dibudidayakan di beberapa wilayah Kabupaten Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Kabupaten Kolaka Timur melalui Dinas Perkebunan dan Hortikultura targetkan akan menjadi sentral buah untuk wilayah Sulawesi Tenggara "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Kabupaten Kolaka Timur melalui Dinas Perkebunan dan Hortikultura targetkan akan menjadi sentral buah untuk wilayah Sulawesi Tenggara.

Pengembangan buah di Kabupaten Kolaka Timur sudah dikembangkan mulai dari durian, alpukat, kelapa, kelengkeng dan jeruk sunkist.  

Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura, Lasky Paemba mengatakan untuk pengembangan durian, pihaknya akan membagi atau akan plot di satu wilayah untuk menjadi kawasan.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Kolaka Timur

"Untuk saat ini yang kami rencanakan untuk menjadi kawasan itu di Desa Roko-roko yang sudah dibantu bibit durian 10 hektare dan Lalolae," ujarnya.

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis akan mendukung masyarakat untuk mengembangkan buah-buahan agar menjadi ikon baru di Kolaka Timur. Foto: Ist.

 

Ia juga mengatakan di Lalolae juga terdapat destinasi wisata jadi selain para wisatawan datang untuk melihat pemandangan juga dapat menikmati buah di sana ketika sudah dapat menghasilan.

Lasky menuturkan untuk jenis tanaman durian yang akan dikembangkan di Kolaka Timur adalah jenis musang king dan masa berbuah untuk jenis itu juga tergantung dari perbanyakannya atau cara mengambil bibit pohon duriannya.

"Kalau dari generatif atau biji itu sudah pasti lama tetapi kalau mengambil bibit dari cangkok atau stek batang, kalau kami sering bilang itu dari vegetatif dan kalau pemeliharaan bagus oleh petani mulai dari penanaman sampai produksi itu 5 tahun sudah panen perdana," urainya.

Ia menjelaskan dalam hitungan, pohon durian itu dapat menjadi investasi di hari tua sebab ketika musim panen datang para pedagang buah durian akan datang sendiri untuk membeli.

Dinas Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Kolaka Timur fokus menjadikan daerah itu sebagai sentral buah di Sulawesi Tenggara. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

"Jadi kita tidak usah capek-capek untuk memasarkan lagi," jelasnya.

Selain durian, buah alpukat juga dapat menjadi potensi buah untuk dapat terus dikembangkan di Kolaka Timur. Selain gampang penanaman dan perawatannya harga alpukat di pasaran juga bagus.

"Ke depan juga kita akan kembangkan kelengkeng ada 50 hektare dan jeruk sunkist yang dapat dikembangkan," ujar Lasky Paemba.

Lasky berharap Kolaka Timur dapat menjadi sentral buah karena secara geografis ada di tengah-tengah Sulawesi tenggara, saat ini yang menjadi perioritas di Dinas Perkebunan dan Hortikultura dalam 5 tahun ke depan itu menjadikan Kolaka Timur sebagai sentral buah di Sulawesi Tenggara.

Apalagi kalau disinkronkan dengan program Pemda Kolaka Timur yang rencananya akan dibuat rest area, itu semua akan menjadi tempat atau sarana yang akan jadi pasar buat buah-buahan.

"Pastinya jika sudah terbangun orang-orang yang dalam perjalanan yang singgah dan pastinya akan membeli buah untuk mereka makan sembari istirahat," pungkasnya.

Sementara itu Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengatakan, pemahaman dan pemikiran masyarakat sudah jauh berkembang naik dan pemahaman akan konsumsi buah dan manfaatnya pasti mereka sudah ketahui juga.

"Masyarakat sadar akan konsumsi buah itu sehat untuk kesehatan tubuh," jelasnya.

Baca Juga: Kolaka Timur Tuan Rumah HUT Sulawesi Tenggara, Pemda Pastikan Lokasi Siap

Ia juga mengatakan dengan meningkatnya kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang manfaat buah pasti juga akan meningkatkan jumlah konsumsi buah di Kolaka Timur.

"Kan kasihan kalau minat konsumsi buah banyak di Kolaka Timur banyak terus buahnya didatangkan dari luar," tambahnya.

Azis juga mengatakan Pemda Kolaka Timur akan selalu mendukung masyarakat dalam mengembangkan buah-buahan agar menjadi ikon di Kolaka Timur. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga