Kolaka Utara Miliki Puluhan Objek Wisata Menarik

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 26 Januari 2023
0 dilihat
Kolaka Utara Miliki Puluhan Objek Wisata Menarik
Foto udara objek wisata pantai berova yang terletak di Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua. Foto: Ist.

" Selain terkenal dengan potensi sumber daya alam yang melimpah pada sektor pertanian, perkebunan, perikanan, kelautan, serta pertambangan nikel. Kabupaten Kolaka Utara juga terkenal dengan potensi wisata alamnya yang cukup eksotis "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Selain terkenal dengan potensi sumber daya alam yang melimpah pada sektor pertanian,  perkebunan, perikanan, kelautan, serta pertambangan nikel. Kabupaten Kolaka Utara juga terkenal dengan potensi wisata alamnya yang cukup eksotis.

Kepala Dinas Pariwisata Kolaka Utara, Syamsu Alam mengungkapkan, Kabupaten Kolaka Utara memiliki setidaknya 40 objek wisata yang tersebar di 15 kecamatan. Hanya saja, yang dikelola Dispar saat ini masih 3 objek wisata yakni pasir putih, danau biru dan arung jeram Tinukari.

"Untuk objek wisata Danau Biru tidak sepenuhnya dikelola oleh pemkab tapi bekerjasama dengan pemdes melalui BUMDes, sehingga daerah juga mendapat PAD dari pengelolaan objek wisata tersebut," terangnya, Kamis (26/1/2023).

Baca Juga: Puncak Langkapa Pesona Alam yang Tersembunyi di Bombana

Sementara arung jeram Tinukari lanjutnya, kami anggap Dispar bagian dari pengelola atau pengembangan karena pemerintah daerah selalu mensupport BUMDes dengan memberikan bantuan peralatan atau fasilitas pendukung.

"Insya Allah tahun ini kita coba lihat lagi kebutuhan apa yang mereka butuhkan, dan kemungkinan kita akan support dengan bantuan pelaratan perahu karet," jelasnya.

Kata dia, pengelolaan objek wisata itu tidak mesti dimonopoli pemerintah daerah. Bahkan, ia sangat mengapresiasi jika seandainya ada pengusaha-pengusaha lokal yang mampu kembangkan salah satu objek wisata di Kolaka Utara.

"Apalagi kalau pemdes melalui BUMDes dapat mengelola satu objek wisata, tentu kita sangat support, selain menggerakan perekonomian warga, desa juga memiliki pendapatan. Dan itulah yang diinginkan pemerintah daerah," ujarnya.

Kabid Destinasi Wisata Dispar Kolaka Utara, Gunawan Arif merinci, berdasarkan 40 objek wisata yang tersebar di 15 kecamatan, baru tiga di antaranya yang telah dikomersilkan.

Untuk wilayah Kecamatan Wawo yakni wisata danau biru, pantai danau biru, gua danau biru, pantai Watutoru, wisata alam puncak gunung Mekongga, panorama alam gunung Tamborasi, dan pengembangan wisata tracking (desa wisata Tinukari).

Kecamatan Ranteangin ada wisata arung jeram sungai Ranteangin, dan gua Tapparang Pasonggi. Kecamatan Lambai miliki wisata air terjun roda Lapasi-pasi, kampung Inggris Desa Raida dan panorama alam puncak Latawaro.

Kecamatan Lasusua ada wisata panorama alam puncak Latawaro, wisata arung jeram Lasusua, pantai Berova, rumah karang, wisata religi Masjid Agung, wisata edukasi Perpustakaan Daerah, wisata minat khusus (wisata olahraga arena dayung dan alun-alun kota), wisata kampung kuliner, gua workou Watuliu, dan pengembangan wisata pantai pasir putih (desa wisata).

Baca Juga: Pesona Puncak Labora Kabupaten Muna

"Kecamatan Katoi, mencangkup wisata anjungan pantai tanjung Tobaku, wisata alam bawah laut tanjung Tobaku, air terjun lambuno, dan permandian wae botoe. Kecamatan Ngapa, goa Lawolatu. Kecamatan Watunohu, wisata pantai pasir putih tambuha. Kecamatan Kodeoha, Kumapo Mala-mala," urainya.

Kecamatan Tiwu, wisata pantai lawadia, mata air lawadia, dan air terjun Lapolu. Kecamatan Pakue, wisata pantai Delon. Kecamatan Pakue Tengah, gua Majapahit. Kecamatan Pakue Utara, wisata pantai bahari Pakue, air terjun salumore, desa wisata pengembangan tanjung harapan.

Kecamatan Batu putih, wisata helikopter Lawata, goa Datuk Luwu, panorama alam Lelewawo, wisata sejarah batu Tedong, air terjun museseri, dan air terjun Batu Putih. Kecamatan Tolala, kawasan pulau bintang, panorama alam bawah laut Tolala. Kecamatan Porehu, air terjun Tinuna, air terjun sarambu, dan air terjun Tanggaruru. (B)

Penulis: Muh.Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga