adplus-dvertising

Koltim Masih Siaga Kabut Asap

Mutarfin, telisik indonesia
Kamis, 05 Desember 2019
0 dilihat
Koltim Masih Siaga Kabut Asap
Kebakaran dan kabut asap di Koltim. Foto: Mutarfin/Telisik

" Di Kolaka Timur ada beberapa daerah yaitu Lalolae dan Tinondo sudah sempat terjadi polusi akibat kabut asap dan masyarakat sangat terganggu. Dampaknya luas sekali. "

KENDARI,TELISIK.ID - Kabut asap masih terjadi di Kolaka Timur (Koltim) yaitu di Kecamatan Laolae dan Tinondo. Pelaksana Kepala BPBD Sultra.
Ir. H. Boy Ihwansyah, MT menerangkan bahwa kabut asap telah mengakibatkan polusi di beberapa desa dan akibatnya masyarakat sangat terganggu.

Baca Juga: RSUD Semerawut, Ketua LMND Desak Wali Kota Baubau Cari Solusi

"Di Kolaka Timur ada beberapa daerah yaitu Lalolae dan Tinondo  sudah sempat terjadi polusi akibat kabut asap dan masyarakat sangat terganggu. Dampaknya luas sekali," ujarnya Kamis (5/12/2019).

lebih lanjut ia menjelaskan, bahkan sudah ada juga masyarakat yang dilarikan ke rumah sakit akibat terkena dampak langsung dari kabut asap ini.

Selain itu, sampai sat ini kalau untuk kerugian materil belum ada. Karena belum ada api  yang sampai menjalar ke rumah warga. Tapi yang pasti itu adalah kerusakan lingkungan.

Lahan yang terbakar cukup besar diperkirakan sudah mencapai ratusan hektar, sehingga asap yang ditimbulkan sudah berdampak.

Baca Juga: Sedot APBD Rp 51 Miliar, Fraksi Demokrat dan Hanura Motori Pembentukan Pansus Honorer

Penyebab kebakaran hutan ini bervariasi tapi kebanyakan terjadi karena aktifitas pembakaran lahan. Ada yang membakar hutan karena ingin membuka lahan kebun baru, ada juga yang terbakar tanpa sengaja.

"Kalau yang terjadi di Konawe itu di daerah perbukitan dan sepertinya itu pembakaran lahan yang dilakukab masyarakat dan kami sudah atasi," tuturnya.

Reporter: Mutarfin
Editor: Rani

Baca Juga