Kolut, dari Zero Jadi 13 Kasus Positif COVID-19

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 10 September 2020
0 dilihat
Kolut, dari Zero Jadi 13 Kasus Positif COVID-19
Ilustrasi positif COVID-19. Foto: google

" Sementara mereka yang memiliki keluhan telah menjalani isolasi di rumah sakit. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Setelah kurang lebih empat Minggu dinyatakan zero untuk pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19, kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolut, kembali menyatakan 13 orang positif terpapar COVID-19.

Menurut keterangan staf Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka Utara, Samsuddin, dari 13 orang tersebut sebagian telah menjalani isolasi di BLUD Rumah Sakit Djafar Harun Lasusua, sisanya melakukan isolasi di rumah.

"Mengacu ke regulasi baru dari Kemenkes, mereka yang terkonfirmasi positif COVID-19 tetapi sama sekali tidak memiliki keluhan apa pun atau tidak bergejala keluhan apa pun  sementara hasil swab-nya positif COVID-19, maka mereka boleh melakukan isolasi di rumah dengan pengawasan dari tenaga kesehatan. Kalau dulu istilahnya Orang Tanpa Gejala (OTG) hanya saja istilah OTG tidak digunakan lagi," terang Samsudin, Kamis (10/9/2020).

Sedangkan bagi warga yang memiliki keluhan, menjalani perawatan isolasi di BLUD Rumah Sakit Djafar Harun

"Sementara mereka yang memiliki keluhan telah menjalani isolasi di rumah sakit," katanya.

Baca juga: Hindari Salah Sasaran Alokasi Dana Desa, Ratusan Kades di Konsel MoU dengan Kejari

Lebih lanjut, Samsudin mengungkapkan, jika pasien terkonfirmasi positif COVID-19 ini sifatnya probabel atau sumber kasusnya tidak jelas.

"Jadi mereka datang ke rumah sakit untuk skrining dengan keluhan demam dan keluhan lainnya, setelah itu dilakukan rapid tes, hasilnya reaktif, setelah itu di swab ternyata hasilnya positif. Dari kasus inilah kemudian dilakukan penelusuran kontak sehingga hasilnya ditemukan 13 orang," terangnya.

Untuk 13 orang yang terkonfirmasi positif ini merupakan kasus baru di September dengan rincian temuan kasus, tanggal 2/9/2020, tiga kasus positif COVID-19, tanggal 4/9/2020, dua kasus dan tanggal 7/9/2020 kembali ditemukan delapan kasus sehingga total keseluruhan 13 kasus.

"Dari 13 kasus, tiga orang kasus positif COVID-19 dari Kecamatan Watunohu dan 10 orang positif dari Kecamatan Lasusua," pungkasnya.

Reporter: Muh. Risal

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga