Kolut Kelola Dana Desa Rp 111,3 Miliar Tahun 2022

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 16 Desember 2021
0 dilihat
Kolut Kelola Dana Desa Rp 111,3 Miliar Tahun 2022
Ilustrasi pencairan Dana Desa. Foto: Repro google.com

" Anggaran dana desa diproyeksikan untuk 127 desa yang tersebar di 15 kecamatan se-Kolut. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) mengelola Dana Desa (DD) sebesar Rp 111.308.971.000 di tahun 2022 mendatang.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kolut, H. Kamaruddin mengungkapkan, anggaran tersebut diproyeksikan untuk 127 desa yang tersebar di 15 kecamatan se-Kolut. Dengan nominal anggaran setiap desa berbeda-beda.

"Nominalnya berbeda tiap desa, tapi desa di Kolaka Utara rata-rata menerima Rp 600 juta dan Rp 700 juta per desa, bergantung kategori, luas, dan jumlah penduduk di setiap desa," katanya, Kamis (16/12/2021).

Mekanisme pencairan DD, lanjut dia, berdasarkan permintaan desa bersangkutan dan tentunya terpenuhinya beberapa syarat lain. Salah satunya, rekomendasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) serta review dari Inspektorat.

Baca Juga: Anaknya Dapat Doorprize Motor di Vaksinasi Massal, Ibu Ini Sujud Syukur

Setelah berkasnya masuk dan memenuhi kriteria, maka pihaknya langsung memproses dan tidak boleh diperlambat.

"Alhamdulillah, untuk tahun 2021 kita berada di urutan ke-7 se-Sultra sebagai kabupaten tercepat pencairan DD," tukasnya.

Baca Juga: Selain Pengangguran Meningkat, Banyak Warga Bombana Masih Jadi Buruh Kasar

Lebih lanjut, ia menuturkan, Pemerintah Desa (Pemdes) dapat mencairkan DD tahun 2022 di bulan Januari 2022 jika semua syarat telah terpenuhi.

"Untuk pencairannya itu bergantung kelihaian Pemerintah Desa dan pihak-pihak terkait. Kalau mereka sudah melengkapi syaratnya maka bulan Januari tahun 2022 itu sudah bisa mereka mencairkan," ujarnya.

"Kami selalu siap karena kami juga diingatkan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) terkait itu," sambungnya. (C)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga