Komcad Matra Angkatan Darat Terima Seribu Personel, Ini Syarat dan Link Daftarnya

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 10 Mei 2024
0 dilihat
Komcad Matra Angkatan Darat Terima Seribu Personel, Ini Syarat dan Link Daftarnya
Kemenhan resmi membuka perekrutan Komcad berjumlah 1000 personel. Foto: Instagram@komponencadangan

" Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI, mengumumkan pembukaan pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad) 2024 Matra Darat "

KENDARI, TELISIK.ID - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI, mengumumkan pembukaan pendaftaran, untuk Komponen Cadangan (Komcad) 2024 Matra Darat, membutuhkan seribu personel.

Pendaftaran tersedia secara online melalui situs resmi https://komcad.kemhan.go.id/. Lokasi seleksi Komcad 2024 berlangsung di Kodam VI Mulawarman, meliputi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Melalui situs resmi Kemenhan, untuk menjadi bagian dari Komcad 2024, terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi. Peserta diwajibkan memiliki pendidikan minimal SMA/SMK/MA atau yang setara, berusia 18-35 tahun, dan memiliki jumlah saudara antara 0-4. Tidak terbatas hanya pada laki-laki, perempuan juga diperbolehkan mendaftar.

Peserta harus menyertakan sejumlah dokumen penting, seperti KTP, KK, akta kelahiran, surat keterangan domisili dari kelurahan/desa, serta surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Selain itu, dokumen lainnya termasuk foto diri, ijazah pendidikan terakhir, surat lamaran, dan surat izin dari instansi kerja atau kampus untuk mengikuti Pelatihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) selama 3 bulan penuh.

Baca Juga: 57 Calon Taruna Akpol Polda Sultra Tes CAT, Simak Standar Nilai Diterapkan untuk Lolos

Baca Juga: Penerimaan Anggota Baru Polri 2024 Dipermudah, Hotline Mudah Diakses

Peserta juga harus mendapatkan surat persetujuan dari orang tua bagi yang belum berkeluarga, atau suami/istri bagi yang sudah berkeluarga. Daftar riwayat hidup, surat keterangan sehat, dan Surat Pernyataan Kesanggupan untuk Mengikuti Latihan Dasar Kemiliteran juga menjadi syarat penting.

Setelah mengikuti pelatihan dan lulus, peserta resmi menjadi anggota Komcad dan berhak kembali ke profesi semula sebagai warga sipil. Dengan kuota 1000 personel, Komcad Matra Angkatan Darat siap menerima individu yang memenuhi syarat dan siap berkontribusi dalam pertahanan negara. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga