Komisi 2 DRPD Baubau Sidak Proyek Pembangunan Stadion Betoambari

Deni Djohan, telisik indonesia
Senin, 04 Oktober 2021
0 dilihat
Komisi 2 DRPD Baubau Sidak Proyek Pembangunan Stadion Betoambari
Ketua dan anggota komisi 2 DPRD Kota Baubau bersama Dinas Pemuda dan Olah Raga saat berpose bersama usai melakukan sidak. Foto: Dheny/Telisik

" Pasalnya, tak ada kelengkapan APD dan K3 dalam proses pelaksanaan kerja. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sejumlah anggota Komisi 2 DPRD Kota Baubau menggelar Inspeksi Mendadak (sidak) terhadap proyek pembangunan Stadion Utama Betoambari, yang menelan anggaran daerah miliaran rupiah, Senin (4/9/2021).

Ketua Komisi 2 DPRD Baubau, Ardin Jufri mengatakan, sidak kali ini merupakan tindaklanjut dari aspirasi yang disuarakan Aliansi Pemuda Pemerhati Lingkungan Hidup (APPLH), Senin (4/9/2021) yang menilai bila kegiatan tersebut tak sesuai SOP.

Pasalnya, tak ada kelengkapan APD dan K3 dalam proses pelaksanaan kerja.

Selain itu, mobilisasi material timbunan yang diangkut menggunakan truk berjatuhan di jalanan hingga membuat jalan menjadi licin.

Tak hanya itu, debu material juga berterbangan hingga menyebabkan polusi disekitar.

"Apalagi di sebelah stadion ini adalah pusat jajanan pujaserata. Kasihan jualan mereka. Inilah alasannya mengapa kami turun langsung ke lapangan," ungkap Legislator Golkar itu.

Baca juga: Bupati dan DPRD Buton Didemo Imbas Maraknya Makelar BBM

Baca juga: Narapidana Perekam Video Penganiayaan di Lapas Tanjung Gusta Diperiksa, Ini Hasilnya

Saat berada di lokasi, tak ada aktivitas pekerjaan seperti biasa. Sehingga dirinya belum bisa memastikan apakah kegiatan itu berjalan sesuai SOP atau tidak. Namun untuk amatan sementara, kegiatan itu sudah sesuai dengan SOP.

"Karena ini aspirasi, maka kami tetap akan terus memantau kegiatan ini," tambahnya.

Di tempat yang sama, Plt. Kadis Pemuda dan Olah Raga Kota Baubau, Abdul Rahman mengungkapkan, dalam proyek tersebut terdapat tiga paket kegiatan.

Ketiga paket tersebut yakni, pembangunan tribun, pembangunan lintasan dan pembangunan Lapangan.

Untuk paket lintasan dan lapangan itu dikerjakan oleh CV Takawa Mirza Pratama. Sedang tribun stadion dikerjakan, CV Hasma Buton.

"Saya tidak tahu persis berapa anggarannya karena saya baru saja dilantik di Dispora ini. Yang pasti dengan perencanaannya kurang lebih Rp 3 miliar anggarannya," ungkapnya.

Ia menegaskan, pada dasarnya pihaknya bakal menyelesaikan seluruh polemik yang terjadi di lapangan.

Selain Ketua komisi 2, anggota DPRD yang turut hadir dalam sidak tersebut adalah, Yasin Mazadu dan Yumardin Haeruddin. (B)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga