Kompolnas Kawal Kasus Penganiayaan Menjerat Anak AKBP Achiruddin Hasibuan

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Jumat, 28 April 2023
0 dilihat
Kompolnas Kawal Kasus Penganiayaan Menjerat Anak AKBP Achiruddin Hasibuan
Komisioner Kompolnas, Yusuf Warsyim ketika diwawancarai sejumlah awak media di Mapolda Sumatera Utara. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Komisioner Kompolnas, Yusuf Warsyim mengaku mengawal jalannya proses penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Utara dalam menangani kasus penganiayaan melibatkan anak AKBP Achiruddin Hasibuan "

MEDAN, TELISIK.ID - Komisioner Kompolnas, Yusuf Warsyim mengaku mengawal jalannya proses penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Utara dalam menangani kasus penganiayaan melibatkan anak AKBP Achiruddin Hasibuan.

Itu terungkap ketika Komisioner Kompolnas itu mengunjungi Polda Sumatera Utara yang berada di Jalan Sisingamangaraja KM 10,5 Medan, Jumat (28/4/2023) siang.

"Hari ini, kami turun untuk mengawal dan mendukung Polda Sumatera Utara untuk menangani kasus ini. Apapun terkait dengan Achiruddin Hasibuan segera mendapatkan kejelasan, baik itu secara etik maupun pidana berdasarkan SOP atau ketentuan perundang-undangan yang berlaku," kata Yusuf Warsyim.

Baca Juga: Pelajar Wanita Ini jadi Saksi Ken Admiral Dianiaya Anak AKBP Achiruddin Hasibuan Dalam Mobil

Dalam kasus itu, Kompolnas juga mendesak supaya kasus segera dituntaskan dengan memberikan kepastian hukum.

"Tentu kita memberikan semangat dan penekanan agar kasusnya segera ditangani. Kemarin langkah cepat patut kita apresiasi, penetapan tersangkanya sudah dilakukan, tinggal bagaimana kasus posisi orang tua tersangka tersebut," terangnya.

Terpisah, Kasubbid Penmas Polda Sumatera Utara, AKBP Herwansyah Putra dikonfirmasi membenarkan jika tim Kompolnas melakukan kunjungan ke Mapolda Sumatera Utara.

"Untuk bertemu Kapolda Sumatera Utara, untuk silaturahmi sekaligus membahas perkara yang saat ini ditandai oleh Polda Sumatera Utara, yaitu kasus yang melibatkan AKBP AH," ucapnya.

Menurut Herwansyah Putra, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Utara menangani perkara itu dengan profesional dan sesuai SOP.

"Pastinya, dalam kegiatan kunjungan kerja itu. Banyak yang dibahas. Selain kasus anak dari AKBP AH, situasi Kamtibmas juga menjadi materinya," terangnya.

Sebagaimana diketahui, AKBP Achiruddin Hasibuan adalah orang tua dari AH yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh tim Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Utara diduga melakukan penganiaya terhadap Ken Admiral.

Baca Juga: Polisi Bakal Periksa Pelajar Wanita Ini, Anak AKBP Achiruddin Hasibuan dan Ken Admiral Temanan

Insiden penganiayaan yang diduga dilakukan oleh AH itu terjadi di Kota Medan pada 22 Desember 2022 lalu dan viral di media sosial. Selain menetapkan AH sebagai tersangka, pihak Polda Sumatera Utara juga melakukan penahanan terhadap AKBP Achiruddin Hasibuan atas pelanggaran kode etik diduga melakukan pembiaran adanya insiden melanggar hukum itu.

Sampai saat ini, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Utara masih menetapkan satu orang sebagai tersangka dan telah ditahan, yaitu AH. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan ada tersangka lainnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga