Kompolnas Pantau Kondusifitas Kampanye Hari Pertama Pemilu 2024 di Jawa Barat

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 29 November 2023
0 dilihat
Kompolnas Pantau Kondusifitas Kampanye Hari Pertama Pemilu 2024 di Jawa Barat
Pemantauan dilakukan oleh anggota Kompolnas Irjen Pol. (Purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, dan H. Mohammad, dengan didampingi Brigpol Rizal Permana. Foto: Ist.

" Hari pertama kampanye Pemilu 2024 di Jawa Barat disorot oleh Kompolnas, yang secara khusus memantau di Polda Jawa Barat "

BANDUNG, TELISIK.ID - Hari pertama kampanye Pemilu 2024 di Jawa Barat disorot oleh Kompolnas, yang secara khusus memantau di Polda Jawa Barat. Dengan populasi pemilih terbesar, tantangan keamanan di wilayah ini dianggap tinggi.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) gencar melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan kampanye Pemilu 2024 di wilayah hukum Polda Jawa Barat. Anggota Kompolnas, Irjen Pol. (Purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, dan H. Mohammad, didampingi Brigpol Rizal Permana, aktif terlibat dalam pemantauan tersebut.

Pudji Hartanto Iskandar menyampaikan bahwa Polda Jawa Barat menjadi fokus utama pemantauan karena memiliki populasi penduduk dan pemilih terbesar di Indonesia. "Oleh karenanya potensi kerawanan cukup tinggi," ungkap Pudji dalam keterangan tertulis pada Rabu (29/11/23).

Provinsi Jawa Barat menjadi pilihan yang strategis, mengingat kunjungan dalam fungsi pemantauan persiapan Polri di Polda jajaran pada Operasi Mantap Brata 2023. Pada hari pertama kampanye Pemilu 2024, Kompolnas memastikan netralitas para anggota Polri, dengan memberikan imbauan khusus kepada mereka.

Baca Juga: Kominfo Ungkap 117 Isu Hoaks Pemilu 2024, KPU Gandeng TikTok Tak Tampilkan Iklan Politik

"Ini adalah komitmen sekaligus pesan penting kami kepada seluruh jajaran anggota Polri di seluruh wilayah Indonesia," ujar Pudji.

Polda Jawa Barat dipilih sebagai obyek yang mendapat perhatian khusus, sebab jumlah populasi penduduk dan pemilih Pemilu 2024 terbesar dari seluruh wilayah Indonesia. Foto: Ist.

 

Tim pemantau Kompolnas tidak hanya berkunjung ke Polda Jawa Barat, tetapi juga melanjutkan ke Polrestabes Bandung dan Polres Purwakarta dengan pesan penting terkait profesionalisme dan netralitas. Pudji menegaskan pentingnya memegang teguh Surat Telegram (ST) Kapolri nomor: 1160, tertanggal 31 Mei 2023, yang menekankan sikap profesionalisme dan netralitas dalam pelayanan masyarakat.

Baca Juga: BPJS Layani Skrining Kesehatan Penyelenggara Ad Hock Pemilu 2024

Anggota Kompolnas lainnya, Mohammad Dawam, menekankan tugas mulia yang diemban oleh Polri. "Menegakkan keadilan hukum dan harkamtibmas, serta melaksanakan fungsi pelayanan publik, sangat strategis demi terciptanya situasi kamtibmas proses pemilu 2024 yang aman, damai, berkualitas, dan bermartabat," jelas Dawam.

Irwasda Polda Jawa Barat, Kombes. Pol. Kalingga, menjelaskan bahwa Polda Jawa Barat telah menyiapkan Aplikasi One Data yang terkoneksi dengan berbagai aplikasi Polda Jabar. Aplikasi ini mencakup pemantauan CCTV dengan teknologi face recognition, pemantauan sebaran anggota lalu lintas, dan pemantauan CCTV jalur arteri serta objek vital dan wisata.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, menyambut baik misi kunjungan kerja Tim Kompolnas. Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Irwasda, dia menyatakan dukungannya terhadap pengawasan kesiapan Ops Mantap Brata 2023-2024. Hal ini diharapkan dapat mewujudkan manajemen operasi yang baik dan lancar, serta menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polda Jabar. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga