Komunitas Pemuda Penggerak Kebersihan Siap Ciptakan Kendari Bersih

Sumarlin, telisik indonesia
Jumat, 16 Desember 2022
0 dilihat
Komunitas Pemuda Penggerak Kebersihan Siap Ciptakan Kendari Bersih
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, memasangkan rompi kepada Pemuda Penggerak Kebersihan Kelurahan Wowawanggu. Foto: Ist.

" Komunitas Pemuda Penggerak Kebersihan (PPK) hadir di Kelurahan Wowawanggu, Kecamatan Kadia, yang launcingnya dilakukan Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu "

KENDARI, TELISIK.ID - Komunitas Pemuda Penggerak Kebersihan (PPK) hadir di Kelurahan Wowawanggu, Kecamatan Kadia, yang launcingnya dilakukan Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, Jumat (16/12/2022).

Pemuda penggerak kebersihan ini, kata Lurah Wowawanggu, Sabri merupakan inisiatif Pj Wali Kota Kendari. Dengan konsep, setiap kelurahan menyiapkan tiga orang yang bertugas mengangkut sampah masyarakat dari rumah-rumah warga menggunakan motor sampah.

Sampah kemudian dibuang ke tempat pembuangan sampah sementara (TPS), kemudian dari TPS diangkut oleh petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Baca Juga: Penjualan Kondom Laku Keras Jelang Nataru di Kota Kendari

"Tiga orang tentu saja tidak akan cukup untuk mengangkut semua sampah masyarakat, makanya mereka ini dikatakan sebagai penggerak, karena diharapkan mampu menggerakan elemen masyarakat lainnya untuk turut terlibat dalam menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing," ungkap Sabri.

Diketahui, kebijakan membongkar semua bak sampah yang ada di jalan poros merupakan langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Kendari untuk menghindari kekumuhan dan joroknya jalan-jalan poros, karena sampah yang berserakan di luar TPS.

Namun konsekuensinya, masyarakat bisa saja membuang sampah sembarangan. Maka ditunjuklah petugas kebersihan di setiap kelurahan, dengan honor Rp 1 juta per bulan melalui APBD Kota Kendari.

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu usai melaunching Komunitas Pemuda Penggerak Kebersihan Kelurahan Wowawanggu, sangat mengapresiasi kegiatan itu dan berencana akan menjadikannya pilot project dan akan melombakan.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan launching kampung germas itu turut menampilkan senam germas bagi ibu-ibu kader, pemeriksaan kesehatan serta penandatangan penggalangan komitmen germas.

Baca Juga: Banjir Disertai Lumpur Rendam Rumah Warga Kota Kendari

Pada kesempatan itu, Pj wali kota melakukan pemasangan rompi kepada tiga orang PPK Kelurahan Wowawanggu dan perwakilan ibu-ibu kader germas.

Sementara Camat Kadia, Rudi Hartono mengaku, mendukung upaya Pemerintah Kota Kendari dalam menciptakan kebersihan dengan menunjuk tiga orang petugas kebersihan di setiap kelurahan.

Dia berharap semua elemen juga terlibat menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing, guna mendukung program Kendari Bergerak yang dicanangkan oleh Pj wali kota. (A)

Penulis: Sumarlin

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga