Konawe Kembangkan UMKM Melalui Pelatihan DEA

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 07 Februari 2022
0 dilihat
Konawe Kembangkan UMKM Melalui Pelatihan DEA
Suasana foto bersama dalam pelatihan UMKM di Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe bersinergi dengan Balai Kominfo Makassar mengelar pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) bertempat di Hotel Nugraha "

KONAWE, TELISIK.ID - Demi meningkatkan skill dan kemampuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe bersinergi dengan Balai Kominfo Makassar mengelar pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) bertempat di Hotel Nugraha, Senin (7/2/2022).

Sekertaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan mengatakan, saat ini di Indonesia dianugrahi dengan bonus demografi yang mana usia produktif ini lebih banyak dari pada yang tidak produktif sekitar 60%, sehingga dengan adanya pelatihan DEA ini sangat menguntungkan UMKM.

"Saya berharap dengan adanya pelatihan ini para UMKM kita bisa lebih bersemangat dan permodalan baru untuk mendorong tumbuh kembangnya ekomomi di Konawe kita," kata Ferdinand dalam sambutannya.

Ferdinand menambahkan, dalam pelatihan itu diharapkan peserta punya semangat agar dapat mengembangkan usahanya.

"Meskipun dengan bonus demografi kita tinggi, jika tidak disertai kemampuan digitalisasi, maka kita akan tertinggal," jelasnya.

Foto bersama jajaran Pemda Konawe bersama Pihak Litbnag Kominfo Makassar saat pembukaan pelatihan DEA. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Lebih lanjut kata Ferdinand, untuk saat ini era industri 4.0 yang dikenal dengan  tingkatan perkembangan industri digital di dunia dan ini sangat penting dalam keseharian kita khsususnya para UMKM.

 Baca Juga: Ada Peningkatan Penderita, Jatim Siapkan 164 Rumah Sakit Layani Pasien COVID-19

"Sementara dalam kewirausahaan, ini  merupakan suatu proses aktivitas ekonomi yang ada nilai tambahnya yang di mana di dalam aktivitasnya ada kreativitas, inovasi dan kecepatan," imbaunya.

Sekda Konawe Ferdian Sapan saat membuka Pelatihan DEA di salah satu hotel di Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Sebagai contoh, jendral ASN Konawe itu menjelaskan, di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia bahkan China sudah bermain dengan saham memanfaatkan era digitalisasi tersebut. Cukup hanya di rumah memasarkan produknya lewat digital memanfaatkan dunia internet.

Suasana pembukaan Pelatihan DEA yang diikuti UMKM di Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

 

"Pelatihan ini agar diikuti dengan serius sehingga apa yang telah diajarkan bisa diaplikasikan diusahanya masing-masing," pungkasnya.

Baca Juga: Meriahkan HPN 2022, Kabupaten Wakatobi Tampilkan Tari Lariangi Kaledupa

Sementara itu, Koordinator Balitbang Kominfo Makassar, Muchlis Amin menuturkan, ekonomi digital merupakan berkah yang harus dimanfaatkan pelaku usaha untuk menembus pasar ekonomi yang saat ini sudah mengarah ke sistem digital.

"Peserta pelatihan DEA akan diajarkan bagaimana cara memperluas akses permodalan secara digital," tandasnya. (B)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga