Konawe Selatan Cari Figur Sekretaris Daerah

Ashar Hamka, telisik indonesia
Rabu, 08 Juni 2022
0 dilihat
Konawe Selatan Cari Figur Sekretaris Daerah
Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga (keempat dari kiri) dalam suatu kegiatan di Kecamatan Konda. Foto: Ist

" Sudah hampir sepekan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Selatan, Ir Syarif Sajang memasuki purna tugas, kursi kosong yang ditinggalkannya "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Sudah hampir sepekan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Selatan, Ir Syarif Sajang memasuki purna tugas, kursi kosong yang ditinggalkannya, untuk sementara waktu diisi Kepala BKPSDM Konawe Selatan, Siti Chadidjah.

Terkait kekosongan kursi dari jenderal Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga, menjelaskannya Penunjukkan Kepala BKPSDM Konawe Selatan, Siti Chadidjah sebagai pelaksana harian (Plh).

Karena sifatnya Plh, maka tugasnya selama seminggu. Jika diperlukan dapat diperpanjang. Hingga, lanjut Surunuddin, Gubernur Sulawesi Tenggara menunjuk siapa penjabat Sekda di Konawe Selatan. Mantan Ketua DPRD Konawe Selatan ini berujar untuk mengatasi kekosongan di jabatan sekda pihaknya bakal mempercepat membuka lowongan asesmen.

Hal tersebut, kata bupati dua periode ini, guna mempercepat pelaksanaan program tiga tahun ke depan sesuai RPJMD Konawe Selatan.

"Salah satu alasannya, menunjuk kepala BKPSDM menjadi Plh Sekda. Untuk memudahkan komunikasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sebab, KASN dan BKN merupakan asesor asesmen dalam waktu dekat ini," kata Surunuddin, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: Tekan Angka Stunting dengan Keluarga Berkualitas

Surunuddin berkomitmen untuk membuka bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengikuti asesmen.

"Siapa yang lolos seleksi nantinya, itulah yang akan kita lantik. Semua kita buka. Silahkan bagi yang mau mengikuti asesmen," tuturnya.

Baca Juga: Antusias Sambut Presiden, Masyarakat Bajo Mola Benahi Lingkungan

Terkait tiga rangkap jabatan dari kepala BKPSDM, Bupati menegaskan tidak ada larangan dari merangkap jabatan tersebut. Tugas Sekda menciptakan pejabat definitif eselon II b dan II a. Tentu kata dia, untuk percepatan mengisi kekosongan itu, pejabat yang di tunjuk yang memiliki tugas koordinasi dengan BAKN dan KASN.

Untuk diketahui selain ditunjuk sebagai Plh Sekda, dan Kepala BKPSDM, Siti Chadidjah juga tercatat sebagai pelaksana tugas (Plt) Dinas Perikanan dan Kelautan Konawe Selatan.

“Silahkan nanti ikut asesmen sekda, terbuka. Dari manapun bisa. Asal sesuai mekanismenya. Saya butuhkan percepatan asesmen agar ada pejabat definitif. Agar program tiga tahun bisa berjalan lancar," sambungnya.(C-Adv)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga