adplus-dvertising

Konawe Selatan Jualan Surga Investasi di Pameran HUT Sulawesi Tenggara

Ashar Hamka, telisik indonesia
Senin, 23 Mei 2022
462 dilihat
Konawe Selatan Jualan Surga Investasi di Pameran HUT Sulawesi Tenggara
Stand Konawe Selatan yang menawarkan surga investasi di berbagai sektor pada HUT Sulawesi Tenggara ke-58 di Kota Baubau. Foto: Ist

" Momentum HUT Sulawesi Tenggara ke-58 yang di pusatkan di Kota Baubau, dimanfaatkan Pemda Konawe Selatan untuk berjualan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Momentum HUT Sulawesi Tenggara ke-58 yang di pusatkan di Kota Baubau, dimanfaatkan Pemda Konawe Selatan untuk berjualan, memperkenalkan potensi daerah. Di area stand pameran yang dipersiapkan panitia, daerah pimpinan Surunuddin Dangga ini, mengusung Tagline ‘Surga Investasi di Konawe Selatan.

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga mengungkapkan, di pameran tersebut pihaknya mengenalkan produk-produk khusus yang dibina oleh pemerintah daerah. Guna mendorong agar produk tersebut mendapatkan pasar yang lebih luas, baik regional, nasional maupun global.

"Ini momentum yang baik. Sekarang kita ingin memamerkan dan mengenalkan produk yang dipasarkan dan bisa diperoleh di Konawe Selatan. Agar produk ini dikenal dan dipasarkan di Sulawesi Tenggara," kata Surunuddin saat kunjungannya di stand Konawe Selatan, Senin (23/5/2022).


Di lain pihak, Kadis Pariwisata Konawe Selatan, Adywarsyah Toar mengungkapkan, lewat pameran pihaknya memberikan informasi tentang Konawe Selatan kepada masyarakat Sulawesi Tenggara. Mulai dari potensi sumber daya komoditas ekspor yakni sektor pertanian, perikanan dan UMKM.

Untuk sektor pertanian, komoditas unggulan yakni kelapa sawit, porang, dan komoditas jahe merah, nilam serta komoditas kakao. Sementara di sektor perikanan, Konawe Selatan merupakan wilayah potensial pengembangan lobster. Produk ini sudah ekspor, baik antar pulau maupun luar negeri, seperti Taiwan dan Jepang.

Baca Juga: Dijadwalkan Beroperasi Juni, Dua Intansi Ini Jadi Prioritas MPP Konawe

"Dipameran ini kami juga mempromosikan destinasi wisata unggulan. Seperti Namu dan air terjun Moramo yang masuk dalam 50 besar nominasi desa wisata terbaik di Indonesia," ujar Adywarsyah.

Kemudian, pihaknya juga memaparkan jika Konawe Selatan memiliki potensi di sektor peternakan. Daerah itu memiliki padang pengembalaan Anduna. Yang pada tahun 2019 memperoleh sertifikat dari Kementerian Pertanian sebagai sumber bibit sapi bali.

Baca Juga: Demo Tolak Pj Buton Selatan Berlangsung Ricuh

Juga ada hasil kerajinan dari Dekranasda Konawe Selatan berupa anyaman. Di antaranya tudung atau boru (bahasa tolaki), anyaman tikar adat tolaki (tikar sorume) dan kerajinan lainnya.

Hasil ekonomi kreatif juga tak kalah saing. Misalnya, produk abon ikan tuna yang merupakan produk unggulan binaan Dinas Koperasi dan UMKM.

"Kopi Tolaki, hasil koordinasi tiga dinas, yakni Perindag, Dinas Koperasi dan UMKM, dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, yang kita unggulkan dalam stand pameran," tutur Adywarsyah. (B)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga