Konawe Utara Jawara Porprov Disusul Kendari dan Baubau

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Kamis, 01 Desember 2022
0 dilihat
Konawe Utara Jawara Porprov Disusul Kendari dan Baubau
Pertandingan cabang olahraga panjat tebing di alun-alun Kotamara Kota Baubau. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Kabupaten Konawe Utara berhasil menggeser posisi Kota Baubau perolehan medali sementara Porprov XIV Sulawesi Tenggara "

BAUBAU, TELISIK.ID - Kabupaten Konawe Utara berhasil menggeser posisi Kota Baubau perolehan medali sementara Porprov XIV  Sulawesi Tenggara.

Berdasarkan data media center Porprov, Kabupaten Konawe Utara untuk sementara memimpin dengan total 98 medali, yaitu 47 medali emas, 31 perak dan 20 perunggu.

Menyusul Kota Kendari di peringkat ke-2 dengan total perolehan sebanyak 103 medali, yakni 43 medali emas, 28 perak dan 32 perunggu.

Kota Baubau bertengger di posisi ke-3 dengan mengumpulkan total 117 medali, yaitu 42 medali emas, 31 perak dan 44 perunggu.

Baca Juga: Cabor Bulutangkis Sumbang Medali Perunggu Bagi Muna Barat

Kemudian di posisi ke-4 ada Kabupaten Konawe Selatan dengan total perolehan sebanyak 94 medali, yaitu 17 medali emas, 37 perak dan 40 perunggu.

Berikutnya posisi ke-5 ada Kabupaten Muna dengan perolehan total 60 medali, yaitu 15 emas  17 perak dan 28 perunggu.

Kabupaten Buton di posisi ke-6 dengan perolehan medali sebanyak 41, yaitu 13 medali emas, 10 perak dan 18 perunggu.

Kabupaten Bombana di posisi ke-7 dengan total perolehan medali sebanyak 22, yaitu 12 medali emas, 5 perak dan 5 perunggu.

Menyusul kemudian Muna barat, Konawe, Wakatobi, Konawe Kepulauan, Buton Utara, Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Buton Selatan dan Buton Tengah.

Sekretaris KONI Kota Baubau  Lucki Gafur mengatakan, polling perolehan medali telah diserahkan sepenuhnya kepada media center Porprov.

"Memang kadang ada selisih-selisih dengan polling-polling yang lain, namun kami sudah sepakat bahwa satu pintu semua hasil pelaksanaan pertandingan dan perolehan medali adanya di media center," tutur Lucki Gafur, Kamis (1/12/2022).

Untuk seluruh pelaksanaan Porprov kata Lucky Gafur, hingga kini sudah berjalan baik walaupun masih ada venue cabang olahraga ada masalah, namun berkat kerjasama Dispora dan pengurus panitia-panitia dari provinsi semua bisa terselesaikan dengan baik, sehingga pelaksanaannya masih berjalan sesuai jadwal.

"Intinya, semua pelaksanaan Porprov sudah berjalan apa adanya dan KONI Kota Baubau hanya bagaimana mengurus atlet-atletnya dalam hal bertanding," kata Lucki Gafur.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Buton, Syamsir Siri mengatakan, penyelenggaraan Porprov di Kabupaten Buton dan Kota Baubau telah sesuai dengan harapan yang diinginkan.

Untuk itu, Syamsir berterima kasih pada Pemprov Sulawesi Tenggara, terutama Gubernur Ali Mazi SH yang telah mempercayakan Kabupaten Buton dan Kota Baubau sebagai tuan rumah bersama.

Juga pemerintah Kabupaten Buton dan Dispora kabupaten Buton yang sangat antusias mendukung pelaksanaan Porprov.

Baca Juga: Atlit Kempo Putri Kota Kendari Raih Medali Emas

Serta dukungan dari Pihak Polres Buton, TNI,  Dandim Buton, Danramil Buton dan Danramil Pasarwajo yang telah membeckup pelaksanaan Porprov.

"Walaupun banyak hal-hal di luar dugaan dalam pelaksanaanya, namun secara pribadi saya menilai pelaksanaan Porprov tersebut sangat luar biasa dan masih sangat normatif," kata Syamsir.

Terkait polling perolehan medali, Syamsir menanggapi, itu masih sementara dan pastinya akan ada setelah rekapan resmi secara total di akhir pertandingan nanti.

"Buton menempati posisi ke-6 itu patut disyukuri dan sudah merupakan hal yang luar biasa. Insya Allah kami masih bisa bertahan di posisi itu," tutupnya. (B-Adv)

Penulis: Iradat Kurniawan

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga