adplus-dvertising

Konferensi Polwan se-Dunia di Labuan Bajo Resmi Dibuka Kapolri

Berto Davids, telisik indonesia
Minggu, 07 November 2021
871 dilihat
Konferensi Polwan se-Dunia di Labuan Bajo Resmi Dibuka Kapolri
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat membuka kegiatan. Foto: Ist.

" Konferensi Polwan se-Dunia atau The 58th Internasional Association of Women Police Training Conference 2020 resmi dibuka di Labuan Bajo, NTT "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Konferensi Polwan se-Dunia atau The 58th Internasional Association of Women Police Training Conference 2020 resmi dibuka di Labuan Bajo, NTT, Minggu (7/11/2021).

Konferensi tersebut dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Ketua Tim Kampanye IAWP 2021, Kombes Pol DR., dr., Sumy Hastry Purwanti dalam sambutannya mengatakan, acara ini dihadiri juga oleh Asuh Polwan RI, Juliati Sigit Prabowo beserta pejabat utama Mabes Polri, perwakilan aparat penegak hukum dari negara sahabat, Polwan dari mancanegara, dan Polwan RI dari sabang sampai Merauke.


Menurutnya, jumlah peserta yang mengikuti acara pembukaan dan seluruh rangkaian acara konferensi berjumlah 980 peserta.

Ratusan peserta tersebut meliputi peserta internasional sebanyak 39 peserta dari 12 negara dan 2 organisasi internasional.

"Serta dari Indonesia sebanyak 407 peserta dengan mengikuti ketentuan protokol kesehatan,” jelas Polwan Ahli Forensik se-Asia ini.

Ia menambahkan, acara ini juga dihadiri secara online oleh peserta internasional sebanyak 235 peserta yang terdiri dari 39 negara dan Indonesia sebanyak 299 peserta.

“Untuk memeriahkan acara the 58th IAWP, sehari sebelum pembukaan telah diadakan Parade Of Nations yang merupakan salah satu tradisi yang selalu dilaksanakan selama 58 tahun dalam rangkaian kegiatan International Association of Women Police (IAWP),” jelasnya.

Peserta yang mengikuti Parade meliputi Polwan Manacanegara yang menggunakan pakaian kebesarannya, Polwan RI dengan berbagai varian seragam yang berlaku di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Tim Marching Band dari SMAK Ignatius Loyola, SMP Arnoldus, dan Pembawa Bendera yakni Para Pemuda Pemudi Paguyuban di wilayah Manggarai Barat.

Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat Manggarai Barat, khususnya Labuan Bajo. Beberapa komentar positif pun diekspresikan termasuk keterlibatan beberapa elemen masyarakat dalam Parade of Nations untuk mempromosikan budaya setempat yang di tampilkan dalam Busana Tradisional NTT.

Acara ini juga dapat dijadikan sebagai media promosi potensi wisata Labuan Bajo, potensi budaya, dan potensi ekonomi Kawasan melalui pemberdayaan UMKM. Ini juga merupakaan kebanggaan masyarakat Labuan Bajo.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya mengatakan, Indonesia sangat bangga menjadi tuan rumah dari acara yang prestisius ini karena Indonesia menjadi negara Asia pertama yang menjadi tuan rumah Konferensi IAWP.

Ia mengatakan, konferensi Polwan Sedunia yang dilaksanakan di Indonesia merupakan kegiatan internasional pertama selama pandemi COVID-19.

Melalui berbagai upaya pengendalian COVID-19 yang dilakukan oleh kolaborasi baik pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat, maka Indonesia bisa mempersiapkan diri untuk berbagai kegiatan internasional lain ke depan" kata Kapolri.

Kapolri menjelaskan, semua tamu yang hadir dalam konferensi internasional ini ialah tamu khusus Indonesia yang telah menjadi keluarga dan teman untuk saling mendukung satu sama lain.

"Kerja sama adalah kunci untuk menyukseskan perdamaian dan kesejahteraan bersama," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, kata Kapolri, akan dibahas bagaimana polisi wanita yang ada di dunia memperjuangkan kesetaraan gender, serta tukar-menukar informasi dan pengalaman penting yang menjadi masukan baik untuk peningkatan kesetaraan gender khususnya di kepolisian Indonesia.

Baca Juga: Korsel Kembali Buka Penempatan Pekerja Migran Indonesia

Ia menyebut, Polri telah berupaya memberikan ruang tersebut dengan sekiranya tiga perempuan jenderal yang memiliki jabatan penting di Mabes Polri, dan beberapa posisi jabatan di level operasional berisiko tinggi.

Ke depannya upaya serupa akan terus ditingkatkan oleh Polri sehingga adanya kesetaraan gender untuk kepolisian Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Kapolri memberikan apresiasi atas kerja keras Polri, TNI, dinas kesehatan, relawan, dan berbagai elemen yang terlibat sehingga bisa menekan laju pertumbuhan COVID-19 sehingga kegiatan internasional bisa mulai digelar kembali.

Baca Juga: Ini Isu Hangat yang Dibahas Konferensi Polwan se-Dunia di Labuan Baju

Kapolri berharap, kegiatan internasional yang akan berlangsung hingga 12 November 2021 mendatang bisa berjalan dengan baik sehingga Indonesia bisa menunjukkan kepada dunia luar bahwa Indonesia siap menggelar kegiatan internasional di tengah pandemi COVID-19.

"Kita harap kegiatan IAWP ini menjadi momen kita menunjukkan ke dunia bahwa kita mampu menekan laju COVID-19 dan menyelenggarakan kegiatan internasional di tengah situasi ini," tandas Kapolri. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga