Kongres PMII di Kendari Ricuh, Peserta Lempar Batu

Thamrin Dalby, telisik indonesia
Kamis, 25 Maret 2021
0 dilihat
Kongres PMII di Kendari Ricuh, Peserta Lempar Batu
Situasi Kongres PMII di depan BLK Kendari usai ricuh. Foto: Thamrin Dhalby/Telisik

" Memang benar tadi sempat terjadi kericuhan, yang mana para peserta dari beberapa cabang yang tidak teregistrasi yaitu dari cabang Wajo, Maros, Jeneponto, dan Luwuk Utara. Mereka Memaksa masuk, namun kami dari pihak panitia lokal tidak memperbolehkan masuk, karena ini sesuai keputusan panitia nasional. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pelaksanaan kongres Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Kendari, sempat diwarnai kericuhan, Rabu (24/4/2021).

Kericuhan kongres XX di zona VI yang diselenggarakan di aula kantor Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari ini, berawal sebagian peserta yang tidak teregistrasi memaksa masuk, hingga terjadi pelemparan batu terhadap panitia.

Dalam pelaksanaan tersebut, para peserta dari zona VI yang meliputi wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua, hanya diperbolehkan masuk oleh panitia pelaksana yang telah teregistrasi.

Baca juga: Korban Kebakaran Ruko di Kendari Mengaku Barang yang Selamat Hanya Baju di Badan

Hal ini diungkapkan oleh Asis Tumada selaku Koordinator Panitia Lokal. Menurutnya, sesuai dengan aturan panitia nasional semua peserta harus terdaftar dan teregistrasi. Namun, peserta dari beberapa cabang yang tidak memenuhi syarat memaksa masuk, hingga sempat terjadi kericuhan.

"Memang benar tadi sempat terjadi kericuhan, yang mana para peserta dari beberapa cabang yang tidak teregistrasi yaitu dari cabang Wajo, Maros, Jeneponto, dan Luwuk Utara. Mereka Memaksa masuk, namun kami dari pihak panitia lokal tidak memperbolehkan masuk, karena ini sesuai keputusan panitia nasional," ungkapnya.

Kendati demikian, aksi tersebut tidak berlangsung lama. Beruntung pihak aparat yang telah berkoordinasi dengan panitia berhasil menghalau massa.

Hingga saat berita ini dibuat, suasana di lokasi masih dipenuhi ratusan massa, sedang pihak aparat dari Polresta Kendari masih terus berjaga-jaga di depan kantor BLK kendari. (A)

Reporter: Thamrin Dalby

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga