KONI Muna Inventarisir Cabor Berpotensi Raih Medali

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 08 September 2022
0 dilihat
KONI Muna Inventarisir Cabor Berpotensi Raih Medali
Ketua KONI Muna, Bachrun Labuta saat diwawancarai kesiapan cabor yang akan mengikuti porprov. Foto: Sunaryo/Telisik

" Muna menargetkan menjadi juara. Namun, untuk bisa meraih juara, atlet masing-masing cabor yang akan bertanding tidak didatangkan dari luar daerah "

MUNA, TELISIK.ID - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Muna mulai mempersiapkan cabang olahraga (cabor) yang akan diikutkan pada Porprov XIV bulan November di Kota BauBau dan Kabupaten Buton.

Ketua KONI Muna, Bachrun Labuta menerangkan, dalam pagelaran pertandingan olahraga lima tahunan ini, Muna tetap menargetkan menjadi juara. Namun, untuk bisa meraih juara, ia tidak inginkan atlet masing-masing cabor yang akan bertanding didatangkan dari luar daerah.

"Kalah menang itu biasa. Kita tidak mau ada atlet dari luar," kata Bachrun, Kamis (8/9/2022).

Sejauh ini, langkah yang dilakukan KONI adalah telah membentuk tim satgas yang bertugas menginventarisir atlet masing-masing cabor.

"Kita inventarisir cabor yang berpotensi meraih medali," ungkapnya.

Baca Juga: Benahi Fasilitas, Pemda Buton Optimis Wujudkan Olahraga Prestasi

KONI juga, lanjut Wakil Bupati Muna itu, sudah mulai mempersiapkan bonus bagi atlet yang akan meraih medali. Jumlahnya, tentunya lebih besar dari bonus Porprov Kolaka.

"Bonusnya kita naikkan," timpalnya.

Sementara itu, Sekretaris KONI Muna, Andi Sapri mengaku, saat ini kendala yang dihadapi adalah belum adanya keputusan KONI Sultra terkait jumlah cabor yang akan dipertandingkan.

Pada rapat beberapa waktu lalu, KONI Sultra telah memutuskan 39 cabor yang akan dipertandingkan. Namun keputusan itu dibatalkan dan dikembalikan pada KONI kabupaten/kota. Lagi-lagi, KONI kabupaten/kota juga tidak bisa memutuskan.

Baca Juga: Jokowi Resmi Luncurkan Akademi Sepak Bola di Papua

"KONI kabupaten/kota kebingungan, karena sampai saat ini belum ada kepastian berapa jumlah cabor yang akan dipertandingkan," ungkapnya.

Karena waktu pelaksanaan pembukaan Porprov sudah dekat, anggota DPRD Muna itu mendesak KONI Sultra segera menetapkan jumlah cabor yang akan dipertandingkan.

"Harus segera ditetapkan cabornya, karena ini berkosekuensi pada penganggaran kebutuhan para atlet yang akan dialokasikan pada Perubahan APBD," ungkapnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga