adplus-dvertising

Konon Para Jomblo Bisa Dapatkan Pasangan Bila Berkunjung ke Gua Ini

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Sabtu, 19 Juni 2021
1302 dilihat
Konon Para Jomblo Bisa Dapatkan Pasangan Bila Berkunjung ke Gua Ini
Gua Permandian Kontamale di Kecamatan Wangi- Wangi, Wakatobi Foto: Boy Candra F/Telisik

" Jika Anda berkunjung ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara, sempatkan mengunjungi sebuah gua mata air tawar yang terletak di Kelurahan Wanci, Kecamatan Wangi-Wangi. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Jika Anda berkunjung ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara, sempatkan mengunjungi sebuah gua mata air tawar yang terletak di Kelurahan Wanci, Kecamatan Wangi-Wangi.

Gua yang konon dipercaya untuk para jomblo ini bernama Kontamale. Dilansir dari Travel Kompas.com, nama Gua Kontamale memiliki makna tersendiri bagi masyarakat setempat. Dimana nama Kontamale terdiri dari dua kata yakni Konta dan Male. Konta memiliki arti pegang dan male berarti layu.

Warga zaman dahulu meyakini cerita di balik nama itu, dimana sepasang kekasih yang sulit untuk menikah walaupun keduanya telah menjalin asmara yang cukup lama. Hal ini karena salah satu pihak tidak menginginkan pernikahan.


Suatu saat, pasangan kekasih itu mendatangi gua tersebut untuk mandi. Tak berselang lama setelah itu, keduanya saling setuju untuk menikah dan direstui oleh keluarga masing-masing.

Masyarakat setempat percaya bahwa air di permandian Kontamale tersebut dapat meluluhkan seseorang yang keras hati.

Baca juga: Kebun Raya Kendari, Destinasi Wisata Populer yang Wajib Anda Kunjungi

Baca juga: Kecantikan Danau Sombano Kaledupa dan Misteri Udang Merah

Keistimewaan lainnya, permandian umum Kontamale ini letaknya cukup strategis. Jarak permandian Kontamale dari jalan raya hanya sekitar 100 meter, sehingga wisatawan tak perlu jauh-jauh melakukan perjalanan.

Kontamale memiliki pemandangan menakjubkan. Terbentuk di antara ceruk Gua Karang Wanci dan Sombu, permandian Kontamale berair jernih, berwarna biru khas seperti halnya keindahan bawah laut Wakatobi.

Sementara itu, dilansir dari celebes.com, sebagai permandian umum, wajar bila lokasi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya berenang, tidak jarang warga setempat memanfaatkannya sebagai tempat mencuci pakaian ataupun mandi.

Yang mengagumkan adalah air dalam kolam tersebut tak pernah keruh dan kembali seperti wujudnya yang tampak cantik dan menyegarkan.

Untuk para wisatawan, disarankan tidak mengunjungi lokasi ini pada hari Jumat sendirian tanpa pemandu atau tanpa teman. Pantangan tersebut dikarenakan mitos yang beredar di tengah masyarakat bahwa terdapat penunggu berupa ikan yang amat besar.

Wisatawan sangat cocok berkunjung disini akhir pekan bersama teman, keluarga bahkan dengan pasangan. Untuk para kaum jomblo, wajib mengunjungi tempat ini agar segera dipertemukan dengan jodohnya. (C)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga