Konsep Edu-Ekowisata Kebun Raya UHO

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Kamis, 05 Januari 2023
0 dilihat
Konsep Edu-Ekowisata Kebun Raya UHO
Kebun raya UHO memiliki rumah anggrek dengan pemandangan yang masih sangat asri. Foto: Febry Jahra Lestiani/Telisik

" Selaku perguruan tinggi yang mendapat predikat sebagai salah satu green campus di Indonesia, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menegmbangkan kebun raya sebagai edu-ekowisata "

KENDARI, TELISIK.ID - Selaku perguruan tinggi yang mendapat predikat sebagai salah satu green campus di Indonesia, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengembangkan kebun raya sebagai edu-ekowisata.

Edu-ekowisata yaitu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, di dalamnya juga terdapat aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

Dengan konsep tersebut, di dalam kebun raya yang seluas 22,8 hektare itu terdapat beberapa tumbuhan endemik yang dilestarikan. Selain itu, terdapat rumah anggrek, rumah kompos, dan lain sebagainya dengan desain yang indah, sehingga bisa dijadikan objek wisata sekaligus pendidikan.

Baca Juga: Belasan Rumah di Kolaka Utara Kembali Diterjang Angin Kencang

Baca Juga: Pencetakan Tambak Udang di Muna Batal Dilaksanakan

Seorang ahasiswa pertanian UHO, Indra Rahma menjelaskan, adanya kebun raya ia terbantu untuk mencari sampel dalam penelitian ketika praktikum.

“Ada banyak macam tumbuhan di dalam yang bisa kita temukan untuk memudahkan proses pembelajarannya di lapangan,” ujarnya, Kamis (5/1/2023).

Kendati demikian, Fatimah mahasiswa jurusan penjaskesrek mengatakan, pemandangan di dalam kebun raya bak tempat wisata yang bisa mencairkan suasana dan tempat melepas penat.

“Kami ini selain olahraga, harus mencari tempat relaksasi dengan lingkungan yang masih segar. Kebun raya UHO bisa jadi pilihan,” ucapnya. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga