Kontraktor Stadion Sepak Bola Muna, Bonafit Tapi Lelet

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 02 Februari 2023
0 dilihat
Kontraktor Stadion Sepak Bola Muna, Bonafit Tapi Lelet
Kondisi stadion sepak bola di kawasan Motewe yang pembangunannya dihentikan sementara. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pembangunan stadion sepak bola Kabupaten Muna di kawasan Motewe yang menelan anggaran sebesar Rp 16,8 miliar yang bersumber dari pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menyisahkan masalah "

MUNA, TELISIK.ID - Pembangunan stadion sepak bola Kabupaten Muna di kawasan Motewe yang menelan anggaran sebesar Rp 16,8 miliar yang bersumber dari pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menyisahkan masalah.

Sampai dengan batas akhir tahun 2022 lalu, pihak kontrkator PT Laskar Buton Semesta itu tak mampu menyelesaikan pekerjaannya.

Belakangan diketahui kontraktor yang mengerjakan proyek yang dananya dari pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) itu disebut-sebut bonafit. Tetapi sayang, cara kerjanya lelet.

Baca Juga: Bupati Muna Pastikan Pembangunan Stadion Sepak Bola Tidak Bakal Mangkrak

Ketua Komisi III DPRD Muna, Awal Jaya  Bolombo sangat menyayangkan cara kerja kontraktor yang sangat lambat itu. Ia menduga, dalam mengerjakan proyek itu, pihak kontraktor hanya mengandalkan uang muka, sehingga prosesnya terkantung-katung akibat kekurangan material.

Nah atas kondisi itu, Komisi III tidak akan tinggal diam. Mereka telah menjadwalkan pekan depan akan turun langsung mengecek fisik pekerjaan.

"Insya Allah, Senin pekan depan kita cek lapangan. Banyak informasi yang kami dapat, pekerjaanya ada masalah," kata pria yang karib disapa AJB itu, Rabu (1/2/2023).

Bila ditemukan ada yang janggal, Komisi III tidak segan-segan akan merekomendasikan proyek tersebut ke aparat penegak hukum (APH).

Ketua DPC Demokrat Muna itu mengingatkan Dispora selaku instansi tehnis tidak terburu-buru untuk menentukan sikap memberi kesempatan perpanjangan waktu.

"Kalau tidak memungkinkan, putuskan kontraknya," sarannya.

Baca Juga: Pembangunan Stadion Sepak Bola Terancam Mangkrak, Kadispora Muna Warning Kontraktor

Bupati Muna, LM Rusman Emba meminta komitmen kontraktor untuk menyelesaikan pekerjaan lapangan sepak bola itu, agar tidak mangkrak. Sebab, tahun ini, Pemkab telah mengalokasikan anggaran untuk kelanjutan pembangunannya.

"Kita berikan kesempatan kontraktor untuk menyelesaikan pembangunannya," ujarnya.

Sementara itu, Kadispora, Rahmat Raeba mengaku, pembangunan stadion itu telah dilakukan dua kali perpanjangan waktu. Saat ini, pembangunannya dihentikan sementara, sambil menunggu proses pemberian kesempatan 50 hari lagi. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga