Korban Gempa Cianjur Kebagian Bantuan Polda dan Pemprov Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 23 November 2022
0 dilihat
Korban Gempa Cianjur Kebagian Bantuan Polda dan Pemprov Jawa Timur
Pengiriman bantuan kemanusiaan dari Polda dan Pemprov Jawa Timur untuk korban gempa Cianjur. Bantuan berupa alat kebutuhan sehari-hari untuk warga korban gempa di pengungsian. Foto: Ist.

" Pemerintah provinsi dan Polda Jawa Timur mengirimkan bantuan untuk korban bencana gempa di Cianjur "

SURABAYA, TELISIK.ID - Pemerintah provinsi dan Polda Jawa Timur mengirimkan bantuan untuk korban bencana gempa di Cianjur.

Bantuan yang dikirimkan pun berupa logistik dan dukungan personil. Di antaranya para petugas BPBD, tim Tagana Dinsos provinsi, Emergency Response Team dan Rapid Health Assement (RHA) dari Dinas Kesehatan Jawa Timur.

Selain itu, diberangkatkan pula relawan yang tergabung dalam tim bantuan logistik dan dukungan personel Pemprov Jawa Timur dengan total jumlah sebanyak 200 orang.

Sementara itu terkait bantuan logistik, Pemprov Jawa Timur juga mengirimkan sebanyak 1 ton beras, 100 karton mie instan, 200 kg gula, 200 karton air mineral, 100 liter minyak goreng, 216 kaleng lauk pauk, 105 kaleng tambahan gizi, 140 terpal, 1000 lembar selimut, 703 pcs sarung dan 54 lembar tikar.

Baca Juga: Video: Pasca Gempa Cianjur, Korban Meninggal Tembus 268 Orang dan 151 Orang Hilang

Selain itu bantuan yang juga diberikan antara lain 220 pack detergen, 1 karton sabun mandi, 10 karton pembalut, 6 karton sikat gigi, 6 karton pasta gigi serta popok anak.

Lalu, terdapat pula peralatan dukungan di antaranya 5 set tenda, 5 unit genset, 1 unit Alkon, 1200 tandon 1 liter, 1 unit light tower balon, kantong jenazah, alat-alat kebersingan bangunan serta vitamin dan obat-obatan.

Bantuan yang juga diberikan berupa 8 unit kendaraan operasional dari OPD teknis. Selain itu, juga diterjunkan 3 unit mobil rescue, 2 unit truck logistik dan 2 unit dapur umum dengan kapsitas sekali memasak 3000 nasi bungkus per unit, serta 1 unit layanan dukungan psikososial dan 1 unit tim kesehatan.

"Saya mewakili Ibu Gubernur mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh OPD di lingkungan Pemprov Jawa Timur, BUMD dan CSR dari perusahaan-perusahaan yang ikut membantu dalam mendukung penanganan dampak gempa di Kabupaten Cianjur," ujar Sekda Jawa Timur, Adhy Karyono, Rabu (23/11/2022).

Melihat banyaknya bantuan yang diberikan, Sekda Adhy mengatakan, nantinya pengiriman bantuan akan dilakukan secara bertahap.

"Saya berpesan kepada tim bantuan logistik dan dukungan personil Pemprov agar terus membantu masyarakat Cianjur secara iklas dan penuh tanggung jawab," ujarnya.

Baca Juga: 62 Orang Dilaporkan Tewas Pasca Gempa Cianjur

Sedangkan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, bantuan dari pihaknya merupakan bentuk solidaritas kemanusiaan dari jajarannya dan kalangan Bhayangkari di Polda Jawa Timur untuk tragedi gempa Cianjur.

"Bantuan untuk kelangsungan kehidupan sehari-hari di pengungsian," jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut Toni, pihaknya siap mengirimkan personelnya jika diperintah untuk membantu proses evakuasi korban gempa Cianjur.

"Tentunya untuk melakukan BKO ke lokasi bencana kami siap memberangkatkan personel," jelasnya. (B)

Penulis: TRy Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga