adplus-dvertising

Korban Gempa Sulbar Siap Ditampung di Asrama Haji Makassar

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Rabu, 20 Januari 2021
917 dilihat
Korban Gempa Sulbar Siap Ditampung di Asrama Haji Makassar
Asrama Haji Sudiang dijadikan tempat penampungan sementara pengungsi gempa Sulbar. Foto: Ist.

" Hari ini rencananya 746 korban gempa Sulbar akan tiba di Makassar dan langsung dibawa kesini (asrama haji). "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Sebanyak 746 korban gempa Sulawesi Barat saat ini menuju Asrama Haji Sudiang. Rencananya Mereka tiba di Sulawesi Selatan di melalui Pangkalan Udara (Lanud) Hasanuddin TNI AU.

"Hari ini rencananya 746 korban gempa Sulbar akan tiba di Makassar dan langsung dibawa kesini (asrama haji) ," kata, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sulawesi Selatan, Gemala Faoza.

Saat dihubungi, Gemala mengatakan kemarin, Selasa (19/1/2021)  sebanyak 117 orang korban gempa Sulawesi Barat tiba di Sulawesi Selatan. Hanya saja, sebagian besar dijemput oleh keluarganya dan memilih untuk pulang ke kampung halaman masing-masing.


Ia mengungkapkan, kedatangan ratusan pengungsi korban gempa di Sulawesi Barat merupakan gelombang ke sembilan sejak gempa berkekuatan M6,2 memporak-porandakan Kabupaten Majene, dan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

"Iya sebagian besar ada memilih pulang ke Surabaya, Jeneponto, dan ke rumah keluarga masing-masing," jelasnya.

Baca juga: Dewan dan Pemda Sepakat Panggil Penambang di Bombana

Jadi saat ini dari data Dinsos Sulawesi Selatan sejak gempa bumi pertama mengguncang Sulawesi Barat pada 14 Januari 2021 lalu. Sudah ada sebanyak 746 orang korban gempa Sulawesi Barat yang menuju ke Sulawesi Selatan.

Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar, Ikbal, mengatakan bahwa pengungsi korban gempa Sulawesi Barat yang tiba hari ini di Asrama Haji ada 70 orang. Namun sebagian telah dijemput oleh keluarga masing-masing untuk dibawa ke rumah.

"Semua (pengungsi) diinapkan di wisma 13 dan diberikan pelayanan kesehatan, makanan dan lainnya. Tapi kemarin ada yang tiba sebanyak 70 orang, tetapi sebagian dari mereka sudah dijemput keluarganya," ungkapnya.

Kementerian Agama Kanwil Sulsel melalui UPT Asrama Haji, diminta mengambil peran dalam memberikan bantuan kepada korban gempa agar ditampung sementara di Asrama Haji Makassar. Seluruh pengungsi yang masih ada akan menginap di dalam kamar wisma yang sudah disiapkan.

Pengungsi korban gempa di Sulawesi Barat yang akan datang lagi ke Kota Makassar, namun informasinya mereka baru akan tiba pada Rabu (20/1/2021) hari ini. (B)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga