Korban Kebakaran di Muna Barat Keciprat Bantuan Pemda dan Baznas

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 18 Juni 2023
0 dilihat
Korban Kebakaran di Muna Barat Keciprat Bantuan Pemda dan Baznas
Penyerahan bantuan dari Baznas dan Pemkab Muna Barat bagi korban kebakaran. Foto: Ist.

" Korban kebakaran di Desa Suka Damai, Kecamatan Tiworo Tengah, Kabupaten Muna Barat, mendapatkan bantuan dari pemerintah kabupaten dan Baznas Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Korban kebakaran di Desa Suka Damai, Kecamatan Tiworo Tengah, Kabupaten Muna Barat, mendapatkan bantuan dari pemerintah kabupaten dan Baznas Muna Barat.

Diketahui, rumah milik pasangan suami istri Wa Ode Hasina dan Jainal Apandi, warga Desa Suka Damai, Kecamatan Tiworo Tengah, mengalami kebakaran pada Kamis (8/6/2023) lalu sekira pukul 06.20 Wita. Rumah berukuran 6x14 meter itu diduga terbakar akibat gangguan listrik.

Pj Bupati Muna Barat, Bahri memberikan bantuan sebesar Rp 25 juta, sedangkan Baznas Muna Barat turut memberikan bantuan sebesar Rp 7 juta.

Bantuan diserahkan oleh Pj Bupati Muna Barat kepada keluarga Jainal. Bahri mengatakan, bantuan ini diberikan untuk meringankan beban korban yang terkena musibah, serta sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap warganya.

"Jangan dilihat jumlahnya, tetapi kepedulian dan keikhlasannya yang utama," kata Bahri, Minggu (18/6/2023).

Baca Juga: Korban Kebakaran di Muna Barat Dapat Rumah Baru

Selanjutnya, Ketua Baznas Muna Barat, La Hamidu mengatakan, sebagai bagian dari misi Baznas yaitu memberi bantuan bagi masyarakat yang terkena dampak, untuk itu pihaknya turut memberikan santunan bagi korban kebakaran.

"Kami beri bantuan bagi korban kebakaran, kecelakaan kerja, bencana banjir, dan angin puting beliung," ungkapnya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, Baznas Muna Barat memiliki beberapa program yaitu Muna Barat peduli, Muna Barat taqwa, Muna Barat cerdas, dan Muna Barat makmur.

Hamidu menambahkan, pihaknya juga telah memberikan bantuan kepada korban kebakaran rumah di Desa Lombujaya, Kecamatan Sawerigadi. Dikatakan, sumber dana Baznas berasal dari zakat infak ASN di Muna Barat.

Baca Juga: Tagana Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Muna Barat

Namun, dari 2000 ASN di Muna Barat, hanya 490 ASN yang telah memercayakan zakat dan infaknya untuk disalurkan oleh Baznas.  

Jumlah zakat itupun berbeda, yakni ASN golongan 3 dan 4 sebesar Rp 30.000 per bulan per orang, sementara golongan 2 sebesar Rp 20.000, dan zakat itu langsung masuk ke nomor rekening Baznas.

Untuk itu, Hamidu mengharapkan seluruh ASN Muna Barat memercayakan zakat infaknya kepada Baznas, sehingga pihaknya mampu membantu masyarakat yang terkena musibah. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga