Korban Tewas di Palestina Tembus 7.326 Orang, Termasuk Jurnalis

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 27 Oktober 2023
0 dilihat
Korban Tewas di Palestina Tembus 7.326 Orang, Termasuk Jurnalis
Jalur Gaza di Palestina, makin hancur lebur. Namun serangan Israel masih tak berhenti termasuk jumlah korban tewas yang terus bertambah dari kalangan Palestina. Foto: Antaranews.com

" Jalur Gaza di Palestina, makin hancur lebur. Namun serangan Israel masih tak berhenti, termasuk jumlah korban tewas yang terus bertambah dari kalangan Palestina "

TEL AVIV, TELISIK.ID - Jalur Gaza di Palestina, makin hancur lebur. Namun serangan Israel masih tak berhenti, termasuk jumlah korban tewas yang terus bertambah dari kalangan Palestina.

Korban tewas di daerah kantong yang dikuasai Hamas hingga Kamis (26/10/2023) kini tembus 7.326 orang tewas di wilayah itu. Bantuan dari beberapa negara hanya segelintir bantuan yang diizinkan masuk ke Gaza.

Mengutip dari Aljazeera.com, situasi warga Palestina yang terkepung dan dibom semakin tidak terkendali, Kementerian Kesehatan Gaza telah menerbitkan nama-nama ribuan warga Palestina yang tewas dalam serangan Israel.

Baca Juga: Update Terkini Israel dan Palestina di Gaza

Dengan mengatakan "di balik setiap angka terdapat kisah seseorang," setelah Presiden AS Joe Biden mempertanyakan kebenaran angka kematian tersebut.

"Masyarakat Gaza merasa dijauhi, diasingkan, dan ditinggalkan," kata Philippe Lazzarini, Komisaris Jenderal Badan Pengungsi Palestina PBB.

Dilansir dari Cnbcindonesia.com, hingg Kamis (26/10/2023) pagi, Israel masih terus melakukan 'serangan' semalaman ke wilayah Gaza. Dari update terbaru bukan hanya serangan udara, semalaman tank-tank militer Israel dilaporkan mengambil bagian dalam "serangan yang ditargetkan" di Gaza utara.

Ini terjadi setelah Perdana Menteri (PM) Israel,  Benjamin Netanyahu mengumumkan persiapan pasukan untuk invasi darat. Ia mengatakan akan menghancurkan Hamas.

"Semalam, IDF melakukan serangan yang ditargetkan menggunakan tank di Jalur Gaza utara, sebagai bagian dari persiapan untuk tahap pertempuran selanjutnya. Para prajurit keluar dari area tersebut setelah aktivitas selesai," tambahnya lagi.

Sejumlah media seperti Reuters dan AFP, juga menerbitkan rekaman bagaimana tank-tank itu melakukan serangan singkat di Jalur Gaza. Layanan radio tentara Israel menggambarkan serangan tersebut sebagai yang terbesar di darat untuk menghancurkan pejuang Hamas.

Baca Juga: Palestina Merdeka Pertanda Kiamat Semakin Dekat?

Situasi Gaza yang makin memburuk ini juga ditegaskan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Lembaga itu mengatakan tidak ada tempat yang aman di Gaza.

Jumlah korban tewas dari pihak Palestina yang didominasi warga sipil dan anak-anak berbanding terbalik dengan jumlah korban tewas dari pihak Israel, sekitar 1.400 orang tewas dalam serangan Hamas terhadap Israel.

Selain korban warga sipil dan anak-anak, serangan Israel juga telah menewaskan Jurnalis dari Palestina sebanyak 25 orang tewas akibat serangan Israel. Sedangkan korban lainnya berjumlah 4 jurnalis dari Israel dan 1 orang lainnya dari Lebanon. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga