Korea Utara Luncurkan HP Baru Samtaesong, Mirip Samsung

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 15 Juli 2023
0 dilihat
Korea Utara Luncurkan HP Baru Samtaesong, Mirip Samsung
Handphone Samtaesong terlihat dipakai oleh Presiden Korea Utara, Kim Jong Un. Ponsel lipat itu mirip dengan Samsung Galaxy atau Huawei. Foto: Repro Infokomputer.grid.id

" Korea Utara baru saja meluncurkan smartphone terbaru bernama Samtaesong 8, yang sekilas mirip Samsung "

PYONGYANG, TELISIK.ID - Korea Utara baru saja meluncurkan smartphone terbarunya bernama Samtaesong 8. Secara fisik ponsel pintar ini akan mengingatkan kita pada produk asal Korea Selatan, Samsung.

Dilansir dari Cnnindonesia.com, dari The Korea Herald, menurut kamus Korea Utara, "samtaesong" merujuk pada "tiga bintang terang", yaitu pendiri Korea Utara Kim Il-sung, istrinya Kim Jong-suk, dan putranya Kim Jong-il, yang melawan pendudukan Jepang.

Samtaesong 8 menampilkan desain yang mirip dengan smartphone yang diproduksi Samsung Electronics Korea Selatan atau Huawei buatan China. Samtaesong 8 memiliki kamera ganda di belakang dan satu di depan.

Belum bisa dipastikan apakah Samtaesong 8 diproduksi di Korea Utara atau diimpor dari China. Adapun selain Samtaesong 8, ponsel lainnya yang ada di Korea Utara di antaranya adalah Pyongyang Touch dan Arirang.

Smartphone di Korea Utara tidak memiliki akses internet selain intranet Korea Utara yang dapat diakses melalui kartu SIM.

Baca Juga: HP Termurah di Dunia Cuma Rp 19.000 dengan Spesifikasi Mewah

Sementara itu, dalam sebuah foto yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea pada Rabu (12/7/2023), pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terlihat menggunakan ponsel lipat yang mirip dengan Samsung Galaxy atau Huawei.

Menurut laporan lembaga nirlaba Stimson Center, sekitar 6,5 juta hingga 7 juta warga Korea Utara diperkirakan memiliki akses ke jaringan seluler.

Baca Juga: HP Lipat Kim Jong Un saat Pantau Peluncuran Rudal Korea Utara Bikin Heboh, Diselundupkan Diam-Diam

Korea Utara diyakini mulai memperkenalkan jaringan seluler pada 2002. Namun, pemerintah Korea Utara belum benar-benar mengaplikasikannya hingga di tahun 2008 Koryolink, yang merupakan perusahaan patungan antara perusahaan telekomunikasi Mesir dengan Korporasi Pos dan Telekomunikasi Korea Utara, diluncurkan.

Dikutip dari Liputan6.com, handphone yang disebut Samsung KW ini juga terpantau dipakai oleh Kim Jong Un, dalam sebuah foto yang dirilis oleh Korean Central News Agency (KCNA) yang dikelola negara pada Rabu 12 Juli.

Sejak itulah beredar kabar bahwa sang pemimpin Korea Utara Kim Jong Un terlihat menggunakan ponsel lipat yang mirip dengan Samsung Galaxy atau Huawei. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga