Kota Baubau Bakal Lakukan Pemilihan Sultan Buton, Ini Jadwalnya

Elfinasari, telisik indonesia
Jumat, 23 Agustus 2024
0 dilihat
Kota Baubau Bakal Lakukan Pemilihan Sultan Buton, Ini Jadwalnya
Rapat koordinasi pemilihan Sultan Buton dan pengurus. Foto: Ist.

" Lembaga Adat Kesultanan Buton akan segera melaksanakan pemilihan Sultan Buton dan pembentukan pengurusnya setelah disepakati dalam rapat Siolimbona "

BAUBAU, TELISIK.ID – Lembaga Adat Kesultanan Buton akan segera melaksanakan pemilihan Sultan Buton dan pembentukan pengurusnya setelah disepakati dalam rapat Siolimbona.

Kesepakatan ini diambil antara Bonto Ogena Matanaeo dan Bonto Ogena Sukanaeo di kediaman Bonto Ogena Sukanaeo, Abdul Wahid.

Bonto Ogena Sukanaeo, Abdul Wahid mengungkapkan bahwa dalam pertemuan Siolimbona di kediamannya di Baadia, telah disepakati pembentukan pengurus perangkat Lembaga Adat Kesultanan Buton. Pengurus ini mencakup tingkatan Panaka, Siolimbona, Bonto Inunca, Bonto I Syara, serta Lakina atau Bobato, yang telah diputuskan pada Senin (19/8/2024) malam.

Selain itu, jadwal dan tahapan pemilihan Sultan Buton juga telah ditentukan. Proses Tiliki (Pengamatan) calon Sultan akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 21 hingga 23 Agustus 2024.

"Setelah proses Tiliki, laporan hasil pengamatan akan disampaikan kepada Bontona Baluwu dan Peropa pada tanggal 24 Agustus 2024 untuk dipertimbangkan dan disaring berdasarkan kriteria yang ditetapkan," jelasnya, Jumat (23/8/2024).

Baca Juga: Sempat Tuai Kontraversi, Kini Meriam Eks Kesultanan Buton Dikembalikan ke Tempatnya

Laporan tersebut kemudian akan disampaikan kepada Bontoogena dalam Buataka Katange pada tanggal 26 Agustus 2024. Selanjutnya, pelaksanaan proses Kambojai dijadwalkan pada 27 Agustus 2024, dan proses Falli, yang merupakan mekanisme untuk menentukan calon Sultan dengan membuka Al-Qur’an, akan dilaksanakan pada 29 Agustus 2024.

Prosesi Sokaeyana Pau, yakni pengumuman hasil pemilihan Sultan oleh Siolimbona, akan dilaksanakan pada 13 September 2024. Pelantikan Sultan, yang dikenal sebagai prosesi Bulilingiana Pau, dijadwalkan pada 20 September 2024, dan rangkaian acara ini akan diakhiri dengan Leongi pada 24 September 2024.

Jadwal ini telah disepakati bersama oleh Siolimbona dan tidak akan berubah, karena sudah disampaikan kepada Bonto Ogena Matanaeo sebelum rapat pada Senin malam.

Baca Juga: Viral Meriam Eks Kesultanan Buton Bakal Dibawa Keluar Daerah, Kodim 1413 Buton Angkat Bicara

Sebelumnya, Pj Wali Kota Baubau, Muh Rasman Manafi, telah memanggil pengurus Lembaga Adat Kesultanan Buton untuk menanyakan perkembangan setelah islah.

"Pengurus Siolimbona melaporkan bahwa mereka telah melaksanakan kegiatan-kegiatan terkait pemilihan Sultan Buton melalui rapat," ungkapnya.

Meskipun demikian, masih terdapat beberapa perangkat utama dalam Lembaga Adat Kesultanan Buton, seperti beberapa Bobato, yang akan disempurnakan kemudian melalui proses penyaringan yang ketat. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga