Kota Baubau Komit Wujudkan Pemilu Damai di 2024

Elfinasari, telisik indonesia
Kamis, 12 Oktober 2023
0 dilihat
Kota Baubau Komit Wujudkan Pemilu Damai di 2024
Pj Wali Kota Baubau, Muh Rasman Manafi bersama stakeholder lainnya dalam kegiatan deklarasi pemilu damai 2024. Foto: Elfinasari/Telisik

" Menghadapi Pemilu 2024, Kota Baubau telah melaksanakan penandatanganan deklarasi damai yang berlangsung di pantai Kamali "

BAUBAU, TELISIK.ID - Menghadapi Pemilu 2024, Kota Baubau telah melaksanakan penandatanganan deklarasi damai yang berlangsung di pantai Kamali, Kamis (12/10/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh, seperti Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Dandim 1413 Buton, dan pemimpin dari entitas lainnya seperti Pengadilan Agama, Subdenpom, TNI-AL, KPUD, Bawaslu, FKUB, Forum Pembauran Kebangsaan, Kesbangpol, dan Satpol PP Kota Baubau. Selain itu, Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Buton Selatan, beserta pimpinan partai politik setempat dan Kapolsek sejajaran Polres Baubau turut hadir.

Deklarasi damai tersebut dilengkapi dengan tanda tangan dari perwakilan partai politik (parpol), Kejaksaan Negeri, Polres, KPU, dan beberapa pihak lainnya.

Baca Juga: Jelang Pemilu Serentak 2024, Hugua Beri Pesan Ini

Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Muh Rasman Manafi mengungkapkan, makna damai yang mendalam.

"Kita mengenal damai bukan semata-mata saat muncul konflik, namun lebih sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan," terangnya.

Deklarasi tersebut sebagai langkah awal menuju Pemilu 2024. Semua pihak diimbau untuk bersinergi demi terciptanya pemilu yang penuh integritas dan damai di Baubau.

Kapolres Baubau, AKBP Bungin Masokan Misalayuk, menekankan pentingnya deklarasi pemilu damai tersebut.

"Pemilu memang merupakan pesta demokrasi, tetapi kita harus selalu siap menghadapi berbagai dinamika politik yang mungkin berujung konflik," ujarnya.

Ia juga menghimbau masyarakat agar turut aktif dalam edukasi politik untuk menciptakan pemilih yang cerdas, waspada, dan tidak gampang terpengaruh oleh isu-isu negatif.

AKBP Bungin menilai, sinergi antar lembaga, peserta pemilu, aparat keamanan, dan seluruh masyarakat, adalah kunci utama stabilitas, baik di tingkat nasional maupun daerah selama tahapan pemilu.

"Marilah kita bersatu, menjaga keamanan dan ketertiban bersama-sama," pungkasnya.

Ketua Bawaslu Kota Baubau, Sarmin mengapresiasi deklarasi damai Pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh Polres Baubau.

Baca Juga: Gubernur Lemhannas Ditunjuk jadi Deputi Politik TPN Ganjar

"Kami berharap deklarasi damai bukan sekedar seremonial saja, namun nilai serta pesan damai menjadi tanggungjawab bersama dalam rangka mewujudkan pemilu di Kota Baubau yang demokratis aman dan kondusif," ucapnya.

Sukses pemilu bukan mejadi tugas Bawaslu atau KPU, namun hajat demokrasi 5 tahunan ini membutuhkan partisipasi semua stakeholder. Oleh karenanya, momentum deklarasi damai ini menjadi isyarat dan komitmen khusus bagi peserta dan penyelenggaran pemilu kiranya bersama bertanggungjawab untuk menjaga suasana proses pemilu dan pilkada yang demokrasi, langsung umum bebas rahasia.

Kasatpol PP Kota Baubau, La Ode Muhammad Takdir juga berharap pemilu ke depan dapat berjalan aman dan sukses, sesuai apa yang telah disepakati dalam deklarasi pemilu damaki bersama parpol dan penyelenggara pemilu. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga