Kota Kendari Akan Ditata Mirip Malioboro Jogjakarta

Siti Nabila, telisik indonesia
Jumat, 21 Juni 2024
0 dilihat
Kota Kendari Akan Ditata Mirip Malioboro Jogjakarta
Pj Wali Kota Kendari akan mengubah wajah Kota Kendari mirip Malioboro Jogjakarta (kiri). Foto: Siti Nabila/Telisik

" Dalam rangka penataan kota, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup melakukan kunjungan kerja ke Kota Jogjakarta, bersama Sekda dan sejumlah kepala OPD pada awal tahun 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari tengah gencar melakukan penataan kota untuk mewujudkan tata ruang yang sesuai dengan amanat Undang-Undang Tata Ruang, tidak berpedoman pada perasaan semata.

Perihal rencana penataan kota, salah satu upaya yang telah dilakukan Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup yaitu dengan melakukan kunjungan kerja ke Kota Jogjakarta, bersama Sekertaris Kota Kendari dan sejumlah kepala OPD pada awal tahun 2024.

Kawasan Malioboro Jogjakarta menjadi inspirasi Pemkot Kendari dalam menata kota. Foto: Repro Google

 

Kunjungan ke Kota Gudeg kala itu, memprioritaskan agenda studi tiru terkait pembangunan dan pemanfaatan kawasan lingkungan perkotaan. Saat itu kunjungan berfokus pada penataan drainase, trotoar, lampu jalan dan reklame Kota Jogjakarta.

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusuf mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka melihat dan mempelajari pembangunan dan penataan sarana dan prasarana yang ada di Jogyakarta terkait dengan perindustrian penataan taman kota.

Baca Juga: Wujudkan Tata Kota yang Lebih Baik, Pj Wali Kota Kendari akan Terangi dan Hijaukan Kota

“Jadi kegiatan kali ini dalam rangka mempelajari penataan kota baik itu penataan taman juga bagaimana penataan papan papan reklame, tentunya ini berkaitan dengan PAD,” kata Pj Wali Kota Muhammad Yusup.

Penataan drainase, trotoar, lampu jalan dan reklame Kota Jogjakarta menjadi agenda studi tiru Pemkot Kendari. Foto: Ist.

 

Lebih lanjut ia mengatakan, konsep penataan oleh Pemerintah Kota Jogjakarta dalam membangun kota, ini akan menjadi pertimbangan dalam membangun Kota Kendari.

Baca Juga: Masifkan Penataan Kota Kendari, Pemkot Jalin Sinergi dengan Kapolresta

“Yang paling unik dari Kota Jogjakarta begitu banyaknya pengunjung dan wisatawan, namun kondisi kotanya begitu tertata, sehingga masyarakat bisa menikmati keindahan kotanya," lanjutnya.

Pj Wali Kota Kendari akan menata drainase, trotoar, lampu jalan dan reklame mirip dengan Kota Jogjakarta. Foto: Ist.

 

Selain melakukan kunjungan kerja di Kota Jogjakarta, rombongan Pemkot Kendari juga melakukan diskusi dengan jajaran OPD lingkup Kota Jogjakarta. (C-Adv)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga