Kota Kendari Dapat Adipura Pertama Pasca COVID-19

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 28 Februari 2023
0 dilihat
Kota Kendari Dapat Adipura Pertama Pasca COVID-19
Menteri LHK, Siti Nurbaya saat memberikan penghargaan Adipura 2022 kategori kota sedang pada Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu. Foto: Ist.

" Kabar gembira bagi warga Kota Kendari, sebagai komitmen terhadap pengelolaan kebersihan dan lingkungan hidup perkotaan, Kota Kendari kembali berhasil meraih penghargaan anugerah Adipura 2022 kategori kota sedang "

KENDARI, TELISIK.ID - Kabar gembira bagi warga Kota Kendari, sebagai komitmen terhadap pengelolaan kebersihan dan lingkungan hidup perkotaan, Kota Kendari kembali berhasil meraih penghargaan anugerah Adipura 2022 kategori kota sedang.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, menerima langsung piala Adipura tersebut, yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sitti Nurbaya di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kantor Kementerian LHK, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Asmawa Tosepu menuturkan, penghargaan tersebut merupakan adipura pertama pasca COVID-19 dari pemerintah, penghargaan itu adalah salah satu upaya mendorong pemda membangun keaktifan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kota yang berkelanjutan dengan tujuan untuk memacu masyarakat ikut memberi andil dalam membangun kota dengan lingkungan yang bersih.

Baca Juga: Terduga Maling Solar Dihajar Warga Hingga Babak Belur di Kendari

"Semoga penghargaan ini menjadi pemicu dan pemacu semangat bersama dengan semakin meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat sebagai bagian dari Kendari bergerak," harapnya.

Parameter keberhasilan adipura tersebut dilihat dari kebijakan, output program dan dukungan anggaran dengan pemanfaatan secara optimal serta meningkatnya peran dan tanggung jawab masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masing-masing.

Capaian penghargaan itu tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi dari seluruh stakeholder yang ada di Kota Kendari dalam mewujudkan kebersihan lingkungan masing-masing yang pada akhirnya berakumulasi pada kebersihan kota secara menyeluruh.

Asmawa juga berterima kasih pada warga kota, aparat pemerintah mulai dari tingkat kelurahan hingga pihak-pihak terkait yang telah peduli dan berkontribusi dalam pengelolaan kebersihan di Kota Kendari selama ini.

Terpisah, Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan pada masyarakat untuk tak cepat berpuas diri, meski Kota Kendari telah meraih penghargaan adipura.

"Alhamdulillah, setelah sekian lama kita sepi dengan informasi adipura, tahun ini Kota Kendari kembali mendapatkan penghargaan di bidang itu," tuturnya.

Ia juga menuturkan pada ibu lurah juga ibu camat untuk tak melarang suaminya ikut bersih-bersih di lingkungan ataupun area sekitar yang menjadi tanggung jawab di wilayah kerjanya.

Dilansir dari Detik.com, penghargaan adipura 2022 diberikan pada 258 kabupaten/kota se-Indonesia, atau 50,2 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia. Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca Juga: Dikmudora Kota Kendari Matangkan Persiapan Ujian Sekolah

Terdapat empat jenis penghargaan, yakni sertifikat adipura, plakat adipura, pialaadipura dan yang tertinggi ialah adipura kencana. Pada setiap jenis penghargaan terdiri dari empat kategori, yakni kota kecil, kota sedang, kota besar dan kota metropolitan.

Berikut 5 kota peraih Adipura Kencana:

- Kategori Kota Sedang: Bontang, Jepara dan Bitung.

- Kategori Kota Besar: Kota Balikpapan.

- Kategori Kota Metropolitan: Kota Surabaya. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga