Logo Telisik.id

Kota Kendari Diposisi Pertama Jumlah Pengangguran di Sultra

63 dibaca Kota Kendari Diposisi Pertama Jumlah Pengangguran di Sultra

BPS Rilis presentase ketenagakerjaan di Sultra Foto: Ibnu Sina Ali Hakim/Telisik

" Katakanlah pendidikannya lumayan bagus tetapi lowongan pekerjaan tidak sesuai dengan pendidikannya, itu juga yang membuat orang di kota menjadi malas malasan untuk bekerja, berbeda dengan kultur yang ada di desa."

KENDARI. TELISIK.ID - Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan angka pengangguran di Kota Kendari tahun 2019 sebesar  6,15 persen. Angka ini menjadi yang tertinggi di Provinsi Sulawesi Tenggara, disusul Kota  Baubau  posisi kedua sebesar 5,84 persen, dan Kabupaten Muna sebesar 4,70 persen.

Tingginya angka pengangguran di Kota Kendari karena ibu kota Sultra ini merupakan daerah urbanisasi. Banyak warga dari daerah mencari kerja ke Kota Kendari.

"Kenapa di kota itu lebih banyak pengangguran salah satu penyebabnya memang urbanisasi, orang dari desa itu datang ke kota untuk mencari pekerjaan, jumlah penduduk semakin besar sementara lowongan pekerjaan tidak seperti yang dibayangkan oleh urbanisasi itu," ujar Kepala BPS Sultra, Moh.Edy Mahmud, Selasa (5/11/2019).

Kepala BPS juga mejelaskan, kebanyakan lowongan pekerjaan yang tersedia tidak sesuai dengan tingkat pendidikan.

"Katakanlah pendidikannya lumayan bagus tetapi lowongan pekerjaan tidak sesuai dengan pendidikannya, itu juga yang membuat orang di kota menjadi malas malasan untuk bekerja, berbeda dengan kultur yang ada di desa," tambahnya.

Sementra itu Kabupaten Buton menjadi daerah dengan presentase pengangguran terkecil yaitu 1,29%.

Reporter: M1
Editor: Ibnu

Copyright © 2019 Telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video