adplus-dvertising

Kotaeeono, Keindahan Tebing Membelah dengan Kolam Alami di Tengahnya

Mutarfin, telisik indonesia
Kamis, 21 Juli 2022
626 dilihat
Kotaeeono, Keindahan Tebing Membelah dengan Kolam Alami di Tengahnya
Tebing Kotaeeono, destinasi wisata dengan batu membelah dua yang terletak di Desa Rahia, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah. Foto: Repro travelbuteng.id

" Keindahan Kotaeeono terletak pada tebing atau bebatuan yang menjulang tinggi terbelah dua dan di tengahnya terdapat kolam alami "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Tebing Kotaeeono adalah destinasi wisata dengan ciri khas batu membelah dua. Objek wisata yang terletak di Desa Rahia, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah ini menawarkan keindahan tersendiri bagi para penikmat wisata alam.

Sekretaris Dinas Pariwisata Buton Tengah, Muh Said menjelaslan bahwa keindahan Kotaeeono terletak pada tebing atau bebatuan yang menjulang tinggi terbelah dua dan di tengahnya terdapat kolam alami.

"Tebing Kotaeeono merupakan tebing batu kapur yang terletak di sisi kanan-kiri. Tebing ini menjulang sangat tinggi sekitar 4-5 meter," ungkapnya, Kamis (21/7/2022).


Ia menambahkan, di atas tebing yang menjelang tinggi, banyak ditumbuhi pepohonan yang menambah kesan alami objek wisata ini. Keindahan lain yang ada pada Tebing Kotaeeono ialah sangat cocok bagi Anda yang senang foto hunting dan mengabadikan momen bersama sanak keluarga.

Baca Juga: Maleura dan Motonuno, Paket Wisata Tawarkan Panorama Alam

Kata dia, biaya retribusi masuk ke destinasi ini masih tergolong murah untuk menikmati semua keindahannya, cukup dengan mebayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang, Rp 10.000 untuk sewa perahu, dan Rp 5.000 untuk menyewa ban. Namun, tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu.

"Terkait fasilitas, objek wisata Tebing Kotaeeono menyediakan gazebo, ban serta perahu-perahu untuk menikmati eksosotisme tempat ini," imbuhnya.

Baca Juga: Gua Laumehe di Buton Tengah, Masuk Nominasi API Award 2022

Selain itu, Feri Subakti, salah satu warga Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah yeng pernah ke tempat  wisata ini mengaku sangat terpesona dengan keindahan Tebing Kotaeeono.

Dia tak pernah menyangka, ada tempat seindah itu di Buton Tengah.

"Saya tahu ada destinasi wisata Tebing Kotaeeono awalnya dari teman dan pas di saat itu memang kondisi lagi gercar-gencarnya COVID-19, di mana orang dilarang untuk berpergian jauh, sementara kita butuh refreshing. Setelah saya kesana, ternyata memang tidak mengecewakan," tandasnya. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga